TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ayo Genjot Lagi Ekonomi Rakyat

Oleh: KIKI ISWARA DARMAYANA
Sabtu, 13 Mei 2023 | 07:01 WIB
Kiki Iswara Darmayana
Kiki Iswara Darmayana

SERPONG - Ekonomi dunia makin lesu dan belum bisa diramalkan kapan situasi yang amat sulit itu akan berakhir. Akibatnya, banyak negara mengalami kesulitan ekonomi. Terutama karena melonjaknya angka inflasi dan naiknya jumlah pengangguran.

Tapi kita patut bersyukur, di tengah-tengah kondisi ekonomi global yang buruk, ekonomi nasional kuartal 1 tahun ini masih bisa tumbuh 5,03 persen.

Oleh karena itu, mereka yang menangani sektor perdagangan, perbankan dan keuangan mesti bekerja keras menjaga ekonomi negeri ini. Industri hilir yang berorientasi ekspor wajib dibantu. Kalau ada tanda-tanda, industri ini kekurangan modal, cepat kucurkan bantuan. Cepat kucurkan kredit dengan prosedur yang simpel.

Selama pasar ekspor masih terbuka, kita berharap, digarap serius. Ini penting untuk memperkuat cadangan devisa.

Meski ekonomi dunia mungkin akan suram hingga akhir tahun ini, ekonomi Indonesia diramalkan masih bisa tumbuh 5,25 persen.

Apalagi kalau ekonomi rakyat terus digenjot, dengan berbagai stimulus, insentif dan subsidi, pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai lebih dari 5,3 persen.

Oleh karena itu, apabila ada usaha kecil yang mengalami kesulitan modal atau terancam gulung tikar, harus secepatnya diselamatkan. Caranya, berikan pinjaman tanpa bunga.

Sedangkan untuk usaha kecil yang masih bisa bernapas, tapi butuh suntikan modal, perlu segera diberikan pinjaman dengan bunga ringan, maksimal 5 persen per tahun. Kita berharap, untuk usaha kecil yang sudah mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi, secepatnya didorong untuk menerobos pasar luar negeri.

Kalau pasar potensial yang ada di Timur Tengah dan Afrika dapat ditembus, usaha kecil bisa naik kelas. Untuk itu, peran aktif atase perdagangan sangat dibutuhkan, guna meyakinkan mitra bisnis yang ada di negara tujuan ekspor.

Dengan demikian, selama perang Rusia-Ukraina, konflik Korea Utara dengan Korea Selatan dan Jepang serta Konflik China dan Taiwan tidak menutup jalur suplai barang dari Indonesia ke negara tujuan ekspor, pasar luar negeri harus ditembus.

Kita ingin ekonomi Indonesia bisa tumbuh lebih pesat lagi. Kita ingin usaha kecil bisa bangkit lebih cepat lagi. Untuk itu, segera berikan bantuan modal dan bukakan akses ke pasar potensial di luar negeri.

Komentar:
Berita Lainnya
Foto : Ist
Jangan Lupakan Ekonomi Rakyat
Sabtu, 06 Januari 2024
Dahlan Iskan
Nilai 70
Jumat, 19 April 2024
Dahlan Iskan
Nilai Nol
Kamis, 18 April 2024
Dahlan Iskan
Perang Bukan
Rabu, 17 April 2024
Dahlan Iskan
Drone Khandaq
Selasa, 16 April 2024
Foto : Ist
Mudik Aman Gembira
Sabtu, 06 April 2024
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo