TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sederet Fakta Bule Stres Nekat Telanjang di Pentas Tari Bali

Oleh: Farhan
Jumat, 26 Mei 2023 | 11:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BALI - Aksi perempuan warga negara asing (WNA) bernama Darja Tuschinski (28), viral di media sosial. Pasalnya, bule asal jerman itu nekat naik ke atas panggung saat pertunjukan tari Bali dengan tanpa busana.

Peristiwa tersebut terjadi di Puri Saraswati Ubud, Rabu (24/5/2023) malam. Awalnya, Tuschinski datang ke tempat penjualan tiket pagelaran tari dan sempat ribut dengan petugas, ia pun diusir.

Namun, ia justru kembali tanpa mengenakan busana dan berjalan naik ke atas panggung dengan telanjang bulat. Ia juga sempat merusak pintu pementasan.

Kepala Bidang Humas Polda Bali, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, menjelaskan bahwa Tuschinki tinggal di Ubud Bungalow sejak Rabu (17/5) sampai Senin (22/5). Ia pun kerap telanjang di area vila.

"Ia tinggal seorang diri. Selama tinggal di Ubud Bungalow, ia kerap telanjang dan berjalan-jalan di area vila," kata Satake, Rabu (24/5/2023).

Saat check out pada Senin pagi, ia diantar staf Ubud Bungalow ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Namun pada pukul 12.00 WITA, Tuschinski datang kembali dan meminta izin tinggal di lobi dengan alasan menunggu pacarnya.

Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada, mengatakan bahwa Tuschinski mengalami stres lantaran kehabisan uang untuk membayar penginapannya dan tak bisa pulang ke negara asal.

"Memang dia mengakui kalau dia stres karena itu (kehabisan uang). Tidak membayar vila, kemudian mau balik nggak bisa," kata Widiada, Kamis (25/5/2023).

Lebih lanjut, Widiadada menjelaskan bahwa Tuschinski langsung diamankan dan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Bangli usai aksi bugilnya tersebut.Ia juga sudah berkoordinasi dengan Konsulat Jerman dan imigrasi terkait pendeportasian.

“Kami sudah menghubungi konsulatnya dan menghubungi pihak imigrasi untuk melakukan pengecekan sekaligus deportasi," jelasnya.

Saat ini Tuschinski berada di RSJ Bangli. Berdasarkan informasi yang diterima Kasatpol PP Provinsi Bali, perempuan berusia 28 tahun itu mengalami stres mendadak dan terlihat kebingungan di rumah sakit.

"Informasi dari rumah sakit jiwa itu stres mendadak, artinya dia lupa dengan dirinya. Kalo sadar nggak mungkin dia melakukan itu. Jadi lupa apa yang dia lakukan di lokasi itu," kata Kasatpol PP Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Dharmadi.

Atas hal tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Denpasar, Tedy Riyandi menjelaskan Tuschinski akan dijemput pihak keluarganya untuk dibawa pulang ke negara asalnya. 

Pihak imigrasi bakal memulangkan bule asal Jerman itu apabila kondisi kesehatannya telah membaik.

"Saat ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar belum bisa menindak karena yang bersangkutan terindikasi dalam gangguan kejiwaan," ucap Tedy, Kamis (25/5/2023).

Padahal, ia sebelumnya pernah menginjakkan kaki di Bali pada 2019 lalu menggunakan Visa on Arrival (VOA). Ia pun kembali pada 5 Maret 2023. Ia pun tidak pernah membuat onar dan keributan di Bali.

“Tidak ada catatan hitam tentang yang bersangkutan," kata Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali Barron Ichsan, Kamis (25/5/2023).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo