TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bahaya Minum Kopi untuk Tubuh dengan 5 Kondisi Ini

Oleh: Mg.1
Minggu, 04 Juni 2023 | 11:10 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Meminum kopi memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Biasanya, dengan meminum kopi dapat membangkitkan energi pada tubuh. Meski begitu, para ahli tidak menyarankan untuk meminum kopi apabila terdapat lima kondisi kesehatan ini pada tubuh kita.

Bukan tanpa sebab, kandungan kafein pada kopi dapat memberikan efek samping yang dianggap terlalu berisiko pada beberapa kondisi. Kandungan yang terdapat pada satu cangkir kopi juga dapat memengaruhi tubuh dan mengancam kesehatan.

1. Sindrom Iritasi Usus

Orang dengan kondisi sindrom iritasi usus, sangat sensitif dalam mengonsumsi beberapa makanan dan minuman. Kafein dalam hal ini, dapat memicu iritasi usus menjadi lebih parah dan dapat mengganggu.

"Kafein dapat menyebabkan peningkatan gerak usus besar, termasuk beberapa gejala dan efeknya seperti diare dan iritasi usus yang lebih parah," kata ahli gizi, Angel Plannells.

2. Penderita Aritmia

Kopi dapat meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang singkat. Ketika dikonsumsi terlalu sering, akan terjadi gangguan fungsi jantung yang harus bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah.

"Kafein pada kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan ini penting untuk diwaspadai pada gejala gangguan kesehatan jantung. Mereka dengan keluhan aritmia dan gangguan jantung lainnya harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu," kata Kellie McGrain, ahli gizi Lose It!.

3. Gangguan Saluran Kemih

Sifat diuretik pada kopi saat dikonsumsi, tidak ramah bagi orang yang menderita gangguan saluran kemih. Kopi dapat menyebabkan orang akan lebih sering buang air kecil ke kamar mandi, sehingga frekuensi buang air kecil yang meningkat ini akan sangat mengganggu.

4. Ibu Hamil

Meski tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi, sebenarnya ibu hamil masih diperbolehkan untuk meminum kopi dengan batas aman 200 miligram kafein dalam sehari. Kafein yang dikonsumsi secara berlebih, dapat membahayakan bagi ibu dan janin.

"Bagaimanapun, penelitian pada 2020 yang dipublikasi pada British Journal of Medicine menyebut ada batas aman konsumsi kafein pada ibu hamil. Secara khusus, ibu hamil juga wajib berkonsultasi pada dokter mereka," ucap ahli gizi, Heikkinen

5. Ibu Menyusui

Selain saat hamil, seorang ibu yang sedang menyusui juga tidak disarankan untuk meminum kopi. Sebab, kopi dapat memengaruhi kualitas ASI dan lebih berdampak pada kesehatan tubuh sang ibu.

"Kafein merupakan stimulan dan diuretik yang dikhawatirkan dapat menyebabkan risiko dehidrasi pada ibu hamil," jelas Planell

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo