TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

DPR Soroti Pendaftaran Bacaleg & Validasi Data Pemilih Tangsel

Tinjau Kesiapan Pemilu 2024

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 07 Juni 2023 | 07:25 WIB
Komisi II DPRD RI melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, Selasa (6/6). Kunjungan itu dilakukan untuk memantau kesiapan Pemilu 2024.(dra)
Komisi II DPRD RI melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, Selasa (6/6). Kunjungan itu dilakukan untuk memantau kesiapan Pemilu 2024.(dra)

CIPUTAT-Pengajuan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dan validasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) di daerah untuk Pemilu 2024 menjadi sorotan Komisi II DPR. Para wakil rakyat itu melihat kesiapan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menghadapi Pemilu serentak nanti.

Komisi II DPR melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangsel, kemarin, dan bertemu jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, KPU, dan Bawaslu.

"Komisi II DPR RI akan menitikberatkan perhatian pada beberapa permasalahan yaitu, tahapan pengajuan Bacaleg DPRD Tangsel tahun 2024 dan tingkat validitas Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Kota Tangsel," ujar Guspardi Gaus, Anggota Komisi II DPR dalam kunjungan kerja di Puspemkot Tangsel, Ciputat itu.
 

Anggota Fraksi PAN DPR ini menerangkan, Komisi II berkepentingan menilai apakah proses pengajuan Bacaleg sudah diverifikasi dengan cermat dan adil. Termasuk semua Bacaleg juga diberi kesempatan yang sama untuk mengklarifikasi dan melakukan perbaikan data bila ada kesalahan administrasi dalam proses pendaftaran.

Dalam kunjungan itu, Komisi II juga mempertanyakan soal DPSHP. Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi DPSHP Tangsel, tercatat ada 1.023.851 pemilih dari DPS sebelumnya sebanyak 1.026.913 pemilih.
 KPU Kota Tangsel mencoret sebanyak 3.062 data pemilih di DPS sebelumnya. Pencoretan data pemilih tersebut umumnya karena ada peristiwa kependudukan, seperti kematian.

"Komisi II ingin mengetahui bagaimana selama ini koordinasi, komunikasi, dan kerja sama dalam upaya sinkronisasi data kependudukan data pemilih di Kota Tangerang Selatan," tutur Guspardi.

Dia menilai selama ini partisipasi aktif masyarakat dalam melaporkan peristiwa kependudukan seperti kelahiran, kematian, pernikahan, perceraian, pindah domisili, dan ganti status TNI/Polri menjadi sipil sangat rendah. Padahal, mobilitas warga sangat dinamis setiap harinya.

Sementara, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menyampaikan, bahwa Kota Tangsel sudah sangat siap untuk menghadapi Pemilu 2024 nanti.
 “Kami sampaikan bahwa Kota Tangsel sudah sangat siap, bahkan kami Pemkot Tangsel terus berkoordinasi baik dengan penyelenggara serta pihak pengamanan untuk memastikan Pemilu nanti berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo