TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bandara Soetta Siap Sambut Para Kepala Negara Dan Delegasi KTT ASEAN

Oleh: Farhan
Kamis, 31 Agustus 2023 | 09:55 WIB
Terminal International Soekarno Hatta, Tangerang. Foto : Ist
Terminal International Soekarno Hatta, Tangerang. Foto : Ist

TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) menetapkan rencana operasional di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sebagai persiapan menyambut para kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta.

Di Bandara Soetta yang menjadi salah satu bandara udara terbesar di Indonesia menjadi pintu masuk bagi para delegasi KTT ASEAN ini, telah dilakukan pembaruan berbagai fasilitas oleh AP II.

"Kita meng-upgrade fasilitas yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, terutama di gedung VIP. Karena nantinya kepala atau pimpinan negara akan melewati gedung VIP ini," Senior Manager of Branch Communication & Legal Badara Soekarno-Hatta Tangerang, Holik Muardi, di Tangerang, Rabu (30/8).

Angkasa Pura II  juga menyediakan jalur di Terminal 3 Internasional, karena beberapa delegasi negara non-VIP itu akan melewati Terminal 3 dan terminal CHP. "Progresnya sedang berjalan sekitar 70-80 persen," ucapnya

Dia menyebutkan, untuk memastikan pengoptimalan sejumlah operasional bandara tersebut juga sudah dikoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada guna memastikan kelancaran kedatangan delegasi, transit, dan keberangkatan para delegasi.

"Kita berkoordinasi dengan Imigrasi dan Bea Cukai, supaya dilakukan fast track (jalur cepat) untuk para delegasi tersebut, sehingga dapat melewati jalur tersebut dengan baik. Kita juga menyediakan help desk di area kedatangan Terminal 3 Internasional, untuk membantu para delegasi dilakukan penjemputan dari panitia," katanya.

AP II juga sedang mengoptimalkan pengamanan terhadap kepala atau pimpinan negara yang akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Pengamanan tersebut selain dari Avsec, juga akan dibantu TNI dan Polri.

"Untuk pengamanan kita berkoordinasi dengan TNI/Polri. Sekitar 6.341 personel yang kita kuatkan untuk mengamankan KTT ASEAN di Bandara Soekarno-Hatta," kata Holik.

Pihaknya akan dibantu oleh beberapa bandara lain, di antaranya yaitu Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat dan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) terkait dengan KTT Ke-43 ASEAN tersebut.

"Kedatangan delegasi diperkirakan 4 September 2023. Untuk parkir pesawat kenegaraan mereka, selain di Bandara Soekarno-Hatta, juga didukung Bandara Kertajati sekitar 18 parkir stan dan Bandara YIA, Yogyakarta sekitar tiga parkir stan," kata Holik.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo