TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Asian Games 2023

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pj Gubernur dan Sekda Banten Dapat Fasilitas Mobil Listrik

Oleh: Farhan
Jumat, 15 September 2023 | 12:02 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Foto : Ist
Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Foto : Ist

SERANG – Pemprov Banten direncanakan menganggarkan pengadaan dua mobil listrik pada APBD Perubahan TA 2023. Dua mobil listrik itu, akan digunakan sebagai fasilitas Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Pj Sekda Banten Virgojanti.

Al Muktabar membenarkan, jika dirinya akan mendapatkan fasilitas kendaraan dinas berupa mobil berbahan tenaga listrik.

Dia menyebutkan, angka tersebut tidak besar untuk anggaran membeli mobil listrik.

“Anggarannya tidak besar, sekitar Rp 1 Miliar lebih sedikit,” kata Al, Kamis (14/9/2023).

Al Muktabar mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten mengucurkan anggaran Rp1 Miliar untuk membeli mobil listrik, dalam rangka mengurangi penggunaan kendaraan berbasis bahan bakar fosil atau bahan bakar minyak.

Dengan menggunakan mobil listrik, maka Pemerintah Provinsi Banten akan berkontribusi dalam mengurangi polusi udara, dan lebih banyak menggunakan energi yang ramah lingkungan.

“Langkah ini diambil, dalam rangka mendukung konversi bahan bakar fosil ke bahan bakar listrik,” ujarnya.

Meski demikian, terkait dengan harga mobil listrik yang mencapai Rp1 Miliar lebih itu, dia mengatakan masih akan melihat situasi yang berkembang.

Tidak hanya itu, Al Muktabar bahkan akan mendengar juga aspirasi yang disampaikan masyarakat terkait dengan pembelian mobil listrik tersebut.

“Pendapat masyarakat juga yang dipertimbangkan, untuk membeli mobil listrik itu,” tandasnya.

Al Muktabar juga mengungkapkan, anggaran untuk pembelian mobil listrik tidak besar, dengan perkiraan sekitar Rp 1 Miliar lebih sedikit. Dia mengatakan, pembelian mobil listrik juga, akan menjadi percontohan bagi masyarakat terutama yang memiliki kemampuan untuk membeli mobil, bahwa mobil listrik sangat penting dalam transformasi dari energi fosil ke energi elektrik yang lebih ramah lingkungan.

“Dalam rangka mendukung konversi bahan bakar fosil ke bahan bakar elektrik,” tuturnya.

Namun, terkait dengan waktu pembelian mobil listrik, Al Muktabar menekankan hal ini masih dalam tahap teknis.

Pembelanjaan dan pemesanan mobil, harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Meskipun demikian, Al Muktabar menegaskan, bahwa jumlah pemesanan mobil listrik tidak akan banyak.

“Kapan mau dibeli, nanti itu teknis pembelanjaannya harus dipesan. Jumlahnya tidak banyak, dari produk ini kita menyesuaikan kebutuhan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala BPKAD Banten, Rina Dewiyanti mengungkapkan, pada APBD Perubahan tahun 2023 ini Pemerintah Provinsi Banten berencana membeli dua mobil listrik dengan total anggaran Rp1 Miliar lebih.

Kedua mobil listrik tersebut nantinya akan digunakan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Pj Sekda Banten Virgojanti.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Budi Prajogo mengatakan, dalam rangka melakukan transformasi dari energi fosil ke energi listrik yang lebih ramah lingkungan DPRD Banten mendukung rencana tersebut.

Hanya saja, dia meminta agar mobil listrik yang akan dibeli harganya di bawah Rp1 Miliar.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo