TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Program Berlanjut, Wali Kota Serahkan 94 RUTLH di Ciputat dan Ciputat Timur

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 15 September 2023 | 16:04 WIB
Wali Kota Serahkan 94 RUTLH di Ciputat dan Ciputat Timur. (Ist)
Wali Kota Serahkan 94 RUTLH di Ciputat dan Ciputat Timur. (Ist)

CIPUTAT, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) secara marathon melakukan serah terima kunci Rumah Tak Layak Huni (RUTLH) yang telah diubah menjadi rumah layak huni.

Pada Kamis (14/9/2023) kemarin, serah terima dilakukan di dua lokasi, yakni di Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur.

Untuk Kecamatan Ciputat, serah terima dilakukan di Kampung Maruga, Kelurahan Serua. Serah terima dilakukan kepada 51 warga penerima manfaat program.

Sedangkan di Kecamatan Ciputat Timur dilakukan di Jalan Menjangan III Rt 005 Rw 015 Kelurahan Pondok Ranji. Ada 43 RUTLH yang diserahkan di kecamatan ini.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan pada tahun anggaran 2023 ini terdapat 345 rumah warga masuk program RUTLH yang dimotori Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel.

Jumlah ini termasuk 51 RUTLH di Kecamatan Ciputat dan 43 di Kecamatan Ciputat Timur.

Sedangkan di kecamatan lain, antara lain Pondok Aren 61 unit, Serpong Utara 25 rumah, sebelumnya di Setu ada 49 rumah, di Serpong 57 rumah, Ciputat Timur 43 rumah, dan Pamulang 59 unit rumah.

"Program RUTLH terus bergulir sejak 2017 silam. Hingga tahun anggaran 2023 ini tercatat sudah 1.900 unit rumah tak layak huni yang diperbaiki," kata Benyamin.

Menurut Wali Kota, program perbaikan RUTLH merupakan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkot Tangsel. Kata dia, program ini akan terus berlanjut sampai tahun-tahun mendatang.

"Tahun anggaran 2024 terus berlanjut. Karena program ini dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat," Benyamin menambahkan.

Sementara Kepala Disperkimta Kota Tangsel, Aries Kurniawan merincikan ke-51 rumah yang diperbaiki di Kecamatan Ciputat, antara lain Kelurahan Cipayung 7 rumah, Kelurahan Ciputat 6 rumah, Kelurahan Jombang 12 rumah, Kelurahan Sawah 2 rumah, Kelurahan Sawah Baru 6 rumah, Kelurahan Serua 9 rumah dan Kelurahan Serua Indah 9 rumah.

"Program RUTLH ini terus berlanjut. Sesuai rencana sampai 2024 masih ada 655 unit lagi yang belum dibangun. Nah, pada 2024 akan kita tuntaskan," kata Aries.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 ini, menurutnya akan ada 50 unit rumah masuk dalam program RUTLH. Maka itu, pihaknya pada APBD-P 2023 ini Disperkimta Kota Tangsel menganggarkan Rp3,5 miliar untuk program RUTLH tersebut.

Aries menambahkan, program RUTLH ini murni dibiayai dari APBD. Sedangkan pelaksanaan kegiatan perbaikan RUTLH dilakukan bersama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang ada di setiap kelurahan lokasi penerima bantuan sosial. Ini adalah wujud sinergisitas pemerintah daerah dengan masyarakat dalam membangun Tangsel.

"Program RUTLH ini masih penuh dibiayai oleh APBD. Kami mencoba berkomunikasi dengan pihak swasta untuk membangun rumah layak huni. Karena, manfaat program ini begitu luar biasa dan dirasakan langsung masyarakat," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo