TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dirjen Bina Keuangan Daerah Beri Apresiasi Tangsel, Usia Muda Tapi Miliki PAD Tinggi

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 21 September 2023 | 21:00 WIB
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni memberikan apresiasi kepada Kota Tangerang Selatan. (tangselpos.id/rmn)
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni memberikan apresiasi kepada Kota Tangerang Selatan. (tangselpos.id/rmn)

SERPONG, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni memberikan apresiasi kepada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang telah berhasil bertransformasi menjadi wilayah yang besar, meski usianya baru akan menginjak usia ke 15 tahun pada 2023 ini.

Apresiasi itu diberikan Agus dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengelolaan Keuangan Daerah yang berlangsung di wilayah Serpong, Tangsel, Kamis (21/9/2023).

Menurut dia, kini Tangsel telah bertumbuh dengan sangat pesat. Meski baru belasan tahun, kota ini kini memiliki sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tinggi.

“Jadi Tangsel termasuk daerah dengan kemampuan Fiskal yang tinggi. Kami berikan apresiasi kepada Tangsel, karena PAD-nya cukup tinggi,” ungkap Agus.

Menurutnya, PAD yang tinggi ini menjadi salah satu ciri bahwa kota ini merupakan wilayah yang kuat secara perekonomian.

“Ciri-ciri dengan kemampuan keuangan yang tinggi itu adalah PAD-nya itu melebihi dari dana transfer atau berkisar 50 persen. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini PAD Tangsel bisa lebih tinggi lagi,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menyatakan, pihaknya akan terus berinovasi dan berupaya untuk mampu terus menggenjot PAD tersebut. Salah satunya, yakni memberi penguatan dan layanan pada sektor pajak. Mengingat, pajak menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi Tangsel.

“Pertama BPHTB, kami akan kerjasama dengan ikatan notaris Tangerang Selatan. Kemudian PBB, kita berikan insentif kepada warga masyarakat yang bayar pajak terhutang pada bulan tertentu. Misal di bulan tertentu ada potongan 70 persen. Kemudian bulan tertentu lain 40 persen. Lalu pajak hotel dan restoran seperti acara ini diharapkan juga dapat menambah PAD kita. Kemudian juga pajak reklame juga dengan memasang barcode di reklame jadi yang habis dan belum bayar itu ketahuan,” singkatnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo