TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jan Ethes Berbagi Mainan dan Hibur Anak Penderita Cerebral Palsy

Laporan: AY
Rabu, 27 Juli 2022 | 07:35 WIB
Jan Ethes berbagi mainan kepada Y. Gabriel Bayu. Foto : Istimewa
Jan Ethes berbagi mainan kepada Y. Gabriel Bayu. Foto : Istimewa

SOLO - Senyum bahagia menghiasi wajah Yohanes Gabriel Bayu. Sambil duduk di atas kursi roda, bocah 9 tahun ini merespons positif lingkungan sekitarnya yang terlihat banyak tamu.


Pagi hari, Selasa (26/7), Menteri Sosial Tri Rismaharini sudah tiba dan menyapa Iyel, panggilan Gabriel, di rumahnya, di Jalan Asahan, Kota Solo, Jawa Tengah. Bocah pengidap cerebral palsy atau lumpuh otak ini turun dari gendongan ibunya, mengulurkan tangannya mengajak Risma tos.

Hari ini spesial buat Iyel. Setelah Risma, tiba giliran tamu cilik, dia adalah Jan Ethes Srinarendra, yang hadir diantar ibunya, Selvi Ananda, dan disusul ayahnya, Gibran Rakabuming Raka, beberapa menit kemudian.

Iyel dan Ethes awalnya tampak sama-sama canggung. Sebagai penyandang cerebral palsy, gerakan motorik Iyel tidak terkoordinasi. Ia juga tidak bisa berbicara dengan jelas.

Namun, kemudian keduanya tampak dekat. Meski secara lisan tidak bercakap, dari gerakan tubuh, keduanya tampak saling dekat. Ethes banyak berinisiatif mengajak Iyel bermain. Ethes datang membawa mobil-mobilan, action figure superhero, dan aneka makanan minuman.
Ethes juga berbagi makanan biskuit dan susu kepada Iyel. Terakhir, Ethes beberapa kali mendorong perlahan kursi roda Iyel bergerak mengelilingi ruang tamu. Kehadiran Ethes membuat suasana hati Iyel berubah gembira.

Menurut Heru Agung Cahya Purnama (44), ayahanda Iyel, anaknya merasa senang dan juga kaget akan kedatangan teman tak biasa, yaitu Ethes, putra sulung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Di depan media, Risma menyatakan, momentum! kebersamaan Ethes dan Iyel dimaksudkan sebagai contoh agar anak-anak di Indonesia saling menghargai, menyayangi dan mengasihi sesama. "Belum lama ini kan ada berita, ada anak yang mem-bully temannya sampai meninggal. Jan Ethes dan Gabriel tadi sudah memberikan contoh bagaimana saling peduli dan berbagi kegembiraan," kata Risma, seperti keterangan yang diterima RM.id (Tangsel Pos Group) Selasa (26/7).
 
Kepada semua anak-anak, Risma berpesan agar bersikap baik, saling membantu, dan saling menyayangi temannya. Kepada masyarakat secara luas, dalam momentum Hari Anak Nasional (HAN), Risma berpesan agar menciptakan ruang dan kondisi yang mendukung tumbuh kembang anak. (US/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo