TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Visiting Professor UIN Jakarta Raih Anugerah Kebudayaan Indonesia

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 31 Oktober 2023 | 07:05 WIB
Visiting Professor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Profesor Minako Sakai, terpilih menjadi salah satu penerima Angerah Kebudayaan Indonesia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek RI).(dra)
Visiting Professor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Profesor Minako Sakai, terpilih menjadi salah satu penerima Angerah Kebudayaan Indonesia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek RI).(dra)

CIPUTAT TIMUR -  Visiting Professor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Profesor Minako Sakai, terpilih menjadi salah satu penerima Angerah Kebudayaan Indonesia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek RI). Ia terpilih bersama tiga peneliti dunia yang melakukan penelitian di Indonesia dalam berbagai bidang keilmuan masing-masing.

Anugerah Kebudayaan Indonesia sendiri diterima langsung Profesor Minako Sakai dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek RI), Nadiem Anwar Makarim, Senin (30/10).

Pada penganugerahan tersebut, Menteri Nadiem menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh individu dan lembaga penerima anugerah atas kiprah masing-masing.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan selamat kepada para peraih Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun ini. Anugerah ini bernilai lebih dari sekadar penghargaan, tetapi menyimpan semangat untuk terus menguatkan kolaborasi dalam upaya kita mengembangkan ekosistem kebudayaan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menteri Nadiem berharap bahwa momentum AKI 2023 menjadi pintu baru yang membuka peluang bagi para penerima anugerah untuk lebih banyak hadir di ruang-ruang publik dan memperluas jejaring. Sehingga, prestasi yang dicapai bukan hanya bermanfaat bagi penerima, namun juga untuk kemaslahatan masyarakat.

“Saya juga mengajak seluruh pihak yang hadir untuk berpartisipasi, berkolaborasi, dan menghasilkan program-program yang produktif. Kebudayaan menyimpan solusi atas persoalan-persoalan kita saat ini. Oleh karenanya, menjadi kewajiban kita merawat kekayaan bangsa ini. Karena merawat kebudayaan, berarti merawat harmoni,” lanjutnya.

Menanggapi anugerah yang diterimanya, Profesor Minako mengucapkan syukur dan apresiasinya kepada Pemerintahan Indonesia yang telah mengapresiasinya dengan Anugerah Kebudayaan Indonesia melalui Kemendikbudristek. Menurutnya, anugerah ini merupakan apresiasi luar biasa dari pemerintahan negara dan masyarakat yang selama ini selalu menarik perhatian risetnya sebagai peneliti.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Pemerintahan Indonesia yang telah menganugerahkan apresiasi luar biasa ini. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada institusi dan para kolega akademik di Indonesia, terutama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang memberi banyak dukungan atas kerja-kerja riset selama di Indonesia,” ucapnya.

Terpisah, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, menyampaikan selamat atas Anugerah Kebudayaan Indonesia yang diterima Profesor Minako. Menurutnya, anugerah ini merupakan penghargaan atas kerja keras Profesor Minako dalam melakukan riset-riset akademis yang berharga sebagai dasar analisis dan pengambilan kebijakan terhadap masyarakat muslim di Indonesia.

“Selamat atas penghargaan yang diraih Profesor Minako Sakai. Semoga anugerah ini menjadi penghargaan yang pantas bagi para sarjana peneliti dunia atas kiprah mereka dalam melakukan riset-riset akademis yang bermanfaat bagi inovasi dan rekayasa pembangunan sosial masyarakat muslim Indonesia,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo