TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

2 Pekerja Galian Tewas Tertimbun Tanah, Pengelola Jadi Tersangka

Oleh: Farhan
Selasa, 31 Oktober 2023 | 21:40 WIB
Ilustrasi. Foto : Ist
Ilustrasi. Foto : Ist

LEBAK—Insiden tanah longsor pada galian C di Desa Kaduagung Barat, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Kamis (26/10/2023) lalu hingga menewaskan dua orang pekerja yakni Diki (19) dan Adendi (30) akibat tertimbun tanah. Polisi menetapkan pengelola berinisial F jadi tersangka.

“Sudah, sudah dilakukan penahanan pada hari Sabtu kemarin,” kata Kanit I Krimum Satreskrim Polres Lebak, Iptu M. Alfian saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (31/10/2023).

F selaku pengelola galian tanah tersebut, kata Alfian merupakan warga Bogor, Jawa Barat. Ditetapkannya F tersangka setelah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa sejumlah dokumen atas aktivitas tersebut. Alfian yang tidak menyebutkan apa saja yang menjadi indikator F di jadikan tersangka menyebut pria tersebut bukan bosnya. “Bukan bos ya, istilahnya pengelola kegiatan di situ,” ucap Alfian. F disangkakan dengan Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia.

Kapolsek Cibadak Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suparja mengatakan, dua korban yang dinyatakan tewas tertimbun tanah itu merupakan operator alat berat ekskavator yang sedang melakukan pengerukan tanah dan sopir truk.

Berdasarkan keterangan, saat aktivitas pengerukan, tiba-tiba terjadi longsor pada tebing hinga menyebabkan material tanah menimpa ekskavator yang dioperasikan Adendi. “Saat longsoran tanah menimpa alat berat, operator berusaha menyelamatkan diri dengan cara melompat. Tapi, pada saat melompat ada longsoran susulan yang menimpa korban operator dan satu orang sopir truk yang saat itu berada tidak jauh dari alat berat. Keduanya tertimbun longsoran tanah,” ungkap Suparja. “Kernet sopir yang sedang tidak jauh dari lokasi kejadian langsung mencari pertolongan. Nahas, Diki dan Adendi sudah meninggal,”imbuhnya. (BNN)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo