TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kendalikan Populasi Hewan Penular Rabies, Puskeswan Tangsel Gelar Strerilisasi Kucing Massal

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 02 November 2023 | 19:20 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengadakan sterilisasi kucing secara massal dan gratis, Kamis (2/11/2023). 

Kepala UPTD Puskeswan Kota Tangsel, Pipit Surya Yuniar menerangkan, kegiatan ini masih menjadi salah rangkaian dari peringatan Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day. 

Sterilisasi ini, kata Pipit, menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan populasi Hewan Penular Rabies (HPR). Kegiatan ini cukup menyedot antusias masyarakat, khususnya para pecinta kucing yang ingin hewan peliharaan kesayangannya terbebas dari rabies. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng dokter hewan swasta juga. Kegiatan ini diikuti oleh 40 pemilik hewan yang berdomisili di Tangsel," ujar Dokter Pipit.

Dengan sterilisasi ini, maka populasi hewan dapat dikendalikan. Sehingga penyakit rabies pun dapat dikendalikan. 

Sterilisasi pada hewan ini, lanjut Pipit, memiliki sederet manfaat. Selain menjaga hewan terbebas dari rabies, sterilisasi juga dapat membuat anabul atau kucing peliharaan menjadi lebih sehat. 

"Hewan yang disteril lebih sehat. Lalu dapat mengurangi kebiasaan sprying atau pipis sembarangan untuk menandai wilayah. Lalu juga biar lebih kalem dan jinak," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo