TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Autopsi Berlangsung 6 Jam

Hasil Autopsi Brigadir J Baru Keluar 1-2 Bulan

Laporan: AY
Rabu, 27 Juli 2022 | 18:02 WIB
Brigadir J. Foto : Istimewa
Brigadir J. Foto : Istimewa

JAMBI - Autopsi ulang jenazah Brigadir J di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, berlangsung selama enam jam, mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.


Autopsi ulang tersebut melibatkan sejumlah dokter forensik dari berbagai rumah sakit dan universitas yang dipimpin oleh Kepala Departemen Forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ade Firmansyah Sugiharto.
Ade mengatakan, hasil autopsi itu  baru akan keluar dalam beberapa pekan.

"Saya nggak ingin terlalu menggebu-gebu, mungkin antara 4 sampai 8 minggu lah ya, sampai keluar hasil yang bisa kita berikan kepada pihak penyidik peminta dari ini," ujar Ade, dalam konferensi pers di RSUD Sungai Bahar, Rabu (27/7).

Lamanya autopsi, lantaran ada bagian luka yang membutuhkan pemeriksaan mikroskopis. Hal itu, untuk menentukan apakah luka terjadi setelah atau sebelum kematian.

"Kita temukan banyak luka. Namun belum bisa disampaikan luka itu terjadi setelah atau sebelum kematian. Bahkan penyebab luka juga belum bisa diketahui," tuturnya.

Autopsi ini juga mengalami sedikit kendala lantaran jenazah sudah terkena formalin dan mengalami pembusukan. "Tapi kita tetap menemukan beberapa titik yang teridentifikasi sebagai luka," imbuhnya.


Sampel jenazah Brigadir J akan dikirim ke RSCM, dan diperkirakan akan tiba besok, Kamis (28/7). Rumah sakit itu dinilai sebagai tempat terbaik.

"Saya rasa semua akan menyadari tempat di situ bisa dijaga integritasnya dan bisa memberikan hasil yang terbaik," beber Ade.
Nantinya, hasil autopsi akan diserahkan kepada penyidik untuk menunjang pengungkapan kasus. Ade juga memastikan, pihak keluarga Brigadir J akan diberikan informasi soal hasil autopsi.


Sebagai bentuk transparansi, bakal ada perwakilan dari keluarga Brigadir J yang memiliki background medis yang akan memantau jalannya autopsi.


"Kita sudah yakinkan kepada keluarga bahwa kita bekerja secara independen dan imparsial," tandas Ade.  (OKT/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo