TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Di Depan CEO Jepang

Jokowi Promosikan RI Sebagai Salah Satu Tempat Investasi Terbaik

Laporan: AY
Kamis, 28 Juli 2022 | 08:00 WIB
Presiden Jokowi bersama para Pengusaha Jepang. Foto Setpres
Presiden Jokowi bersama para Pengusaha Jepang. Foto Setpres

JEPANG - Presiden Jokowi meyakinkan kepada sejumlah CEO perusahaan Jepang bahwa Indonesia merupakan salah satu tempat investasi terbaik yang ditemuinya di Imperial Hotel, Tokyo, Rabu (27/7).


"Saya sangat menghargai kualitas investasi Jepang. Namun, saya juga berharap investor Jepang mempertimbangkan competitiveness-nya, sehingga dapat bersaing dengan investor lain di Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (27/7).


Jokowi menambahkan, In short, kualitas baik, harga bersaing. Itulah yang kita harapkan dan saya yakin Indonesia masih merupakan salah satu tempat investasi terbaik.

Menurutnya, sebagai negara demokrasi terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki sistem pemerintahan dengan check and balances yang berjalan baik.

Jokowi juga mengutarakan bahwa situasi politik domestik di Indonesia sangat stabil dibarengi pertumbuhan ekonomi yang cukup baik pasca pandemi.

"Tahun yang lalu kita tumbuh 3,69 (persen) dan kuartal pertama tahun ini Indonesia ekonominya masih tumbuh 5,01 persen year on year, inflasi juga bisa dijaga di 4,35 (persen). Kemudian defisit fiskal juga cukup baik, saya kira tahun ini akan jatuh di bawah 4," ujar Jokowi.

Menurutnya Indonesia juga masih memiliki cadangan devisa sebesar 135 miliar dolar AS yang mencukupi untuk kebutuhan impor selama 6-7 bulan.

Ia mengatakan bahwa investasi diharapkan dapat membantu pembangunan ekonomi hijau termasuk di bidang transisi energi.

"Saat ini juga kita sedang memulai membangun ibu kota baru di mana banyak sekali peluang investasi, mulai dari infrastruktur, teknologi untuk membangun smart city, dan lain-lainnya," ujar Jokowi.

Menurutnya, kebijakan investasi juga sudah kita sederhanakan lewat omnibus law, undang-undang cipta kerja, sehingga semua perizinan bisa ditangani secara terkoordinasi di kantor investasi.


Beberapa CEO perusahaan Jepang yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah CEO Toyota Motor Corp Akio Toyoda, CEO Sojitz Corp Masayoshi Fujimoto, CEO Mitsubishi Corp Katsuya Nakanishi, CEO Mitsubishi Motors Corp Takao Kato.


Hadir pula CEO Mitsubishi Chemical Corp Jean-Marc Gilson, CEO Denso Corp Koji Arima, CEO Toyota Tsusho Ichiro Kashitani, Vice President Sharp Corp Masahiro Okitsu, Vice President Inpex Corp Kenji Kawano, dan Vice President Kansai Electric Power Matsumura Mikio. (SRI/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo