TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dukung Kemerdekaan, Kasih Beasiswa Kuliah

Pro-Palestina, Prabowo Cs Tak Sekadar Omong Doang

Laporan: AY
Kamis, 09 November 2023 | 09:55 WIB
Foto ; Ist
Foto ; Ist

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) memberikan beasiswa kepada 22 pemuda pemudi Palestina untuk menimba ilmu di Universitas Pertahanan (Unhan).

Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun secara simbolis menyerahkan langsung 22 calon mahasiswa itu kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Rektor Unhan Mayjen TNI Jonni Mahroza di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Prabowo mengatakan, 22 pemuda pemudi Palestina itu akan berada di Indonesia selama 5 tahun.

Secara rinci, selama hampir 1 tahun akan mengikuti Kursus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA) di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, dan sisanya 4 tahun untuk berkuliah di Unhan.

“Harapannya, melalui kursus ini para calon kadet Palestina dibekali kemampuan berbahasa Indonesia, pengetahuan budaya serta adat istiadat bangsa Indo­nesia sebelum memulai kuliah di Unhan,” tuturnya.

Setelah itu, kata Prabowo, pemuda pemudi Palestina akan menjadi calon kadet mahasiswa Unhan dan menempuh pendidikan di sejumlah program studi.

Menurutnya, mahasiswa Palestina akan diberikan kesem­patan memilih bidang yang di­inginkan dan tersedia di Unhan.

“Mereka akan ikut di beberapa program studi. Ada empat di ke­dokteran. Kemudian ada dua di farmasi. Setelah itu, ada teknik, yakni teknik listrik, teknik me­sin, dan teknik informatika,” ungkapnya.

Ketua Umum Partai Gerin­dra ini menegaskan, pembe­rian beasiswa menjadi bagian dari komitmen Pemerintah dan rakyat Indonesia untuk mendu­kung perjuangan Palestina dalam mencapai kemerdekaan.

Kita mengerti dan memahami keadaan perjuangan Palestina. Sudah puluhan tahun rakyat Palestina berada dalam ke­adaan tertindas dan dijajah. Kita akan terus mendukung sampai rakyat Palestina mencapai ke­merdekaannya,” katanya.

Selain itu, momentum ini menjadi wujud realisasi atas janji Prabowo yang sebelumnya akan memberikan beasiswa penuh kepada puluhan mahasiswa Palestina untuk menempuh pen­didikan di Unhan.

Kemudian, dia menitipkan 22 pemuda pemudi yang seluruhnya berasal dari Tepi Barat, Palestina itu ke Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza beserta jajaran pengajar.

“Kepada rektor dan seluruh dosen, dekan Unhan urus mereka dengan baik, jaga mereka dengan baik. Jadilah pengganti orang tua mereka, mereka jauh dari keluarga, dan keluarganya berada dalam kondisi yang sangat berat,” pesannya.

Prabowo memastikan pem­berian beasiswa ini baru tahap pertama. Dia siap menambah kuota beasiswa ini.

“Karena ini komitmen Pemerintah Indonesia, komit­men rakyat Indonesia untuk mendukung perjuangan Pales­tina,” tegas eks Danjen Kopas­sus ini.

Sementara, Dubes Zuhair menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas program beasiswa yang di­berikan kepada anak-anak muda Palestina.

Dubes Zuhair menegaskan, pemberian beasiswa ini meru­pakan bukti keseriusan Indone­sia membantu Palestina meraih kemerdekaan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo