TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Booster Ke-2 Untuk Tenaga Medis Dimulai

Ketum IDI: Vaksinasi Terbukti Menyelamatkan Banyak Nyawa

Oleh: HES/AY
Jumat, 29 Juli 2022 | 12:12 WIB
Nakes saat vaksin. (Ist)
Nakes saat vaksin. (Ist)

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. M. Adib Khumaidi, SpOT menyambut baik rencana pemerintah untuk memberikan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Sebagai salah satu kelompok yang rentan terhadap penularan Covid.

"Vaksinasi terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa, mengurangi tekanan pada fasilitas kesehatan, dan memungkinkan kita belajar hidup dengan virus," ujar Adib dalam keterangannya, Jumat (29/7).

Di samping itu, lanjut Adib, vaksinasi juga mampu menekan tingkat rawat inap di rumah sakit, mencegah penyakit bergejala parah, dan menahan laju kematian akibat Covid.

"Dosis booster diperlukan karena imunitas terhadap Covid-19 mulai menurun setelah enam bulan dari vaksinasi terakhir. Apalagi, varian baru juga memiliki sifat yang jauh lebih menular," jelas Adib.

IDI meminta pemerintah tetap mendorong vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi masyarakat, agar kekebalan komunitas tercapai.

"Meski telah divaksinasi lengkap dan booster, seluruh tenaga kesehatan harus tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bertugas, dan menjaga protokol kesehatan umum saat sedang tidak dalam pelayanan,” papar Adib.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan Surat Edaran No HK 02.02/C/ 3615 /2022 Tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Vaksinasi booster kedua untuk tenaga kesehatan akan dilakukan mulai hari ini, Jumat (29/7), di semua fasilitas kesehatan di Indonesia.

Sementara vaksinasi booster untuk masyarakat dapat diakses selain melalui Puskesmas), dan berbagai sentra vaksinasi yang dibuka Pemerintah Daerah setempat. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo