TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sowan Ke Rumah Boediono, Ganjar Bahas Ekonomi-Kepemimpinan

Laporan: AY
Jumat, 24 November 2023 | 16:02 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Capres Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Wakil Presiden ke-11, Boediono. Dalam pertemuan tersebut, Ganjar mengaku diberikan banyak nasihat oleh Boediono. 

Terutama bagaimana pentingnya mengelola kelembagaan yang baik, manajemen sumber daya manusia yang efektif, dan perencanaan program yang berkualitas. Ganjar menegaskan, ketiga instrumen itu merupakan kunci kemajuan negara 

"Ada tiga pelajaran penting yang diberikan, bagaimana berbangsa dan bernegara. Mengurusi kelembagaan yang bagus. Mengurusi SDM yang bagus dan membuat programnya juga harus bagus. Kalau ini bisa berjalan dengan baik, maka negara juga akan baik. Ini pelajaran penting hari ini yang saya dapatkan," kata Ganjar di kediaman Budiono, Jalan Jambu Nomor 11, Menteng, Jakarta, Jumat (24/11/2023). 

Ganjar membantah jika pertemuan ini dimaksudkan untuk membahas Pilpres 2024. Namun, Ganjar tak menampik jika dirinya berkesempatan belajar dari pengalaman Boediono ketika menjadi Wapres pendamping Susilo Bambang Yudhoyono. 

Saya bicara yang lebih praktis, bagaimana leadership, bagaimana memimpin dalam situasi kondisi dunia yang berubah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ganjar bersyukur bisa berjumpa dengan sosok yang diistilahkannya sebagai 'begawan ekonomi'. Dia bilang, Boediono memberikan wawasan tentang pengelolaan ekonomi dan kepemimpinan di Indonesia.

"Saya sowan ke beliau sebagai orang tua kita dan saya mendapatkan ilmu, karena beliau juga salah satu begawan ekonomi, dan di birokrasi lama. Saya ngaji aja sama beliau selama memimpin. Beliau orang yang profesional di bidangnya," tutur Ganjar.

Sementara, Boediono mengakui kalau soal politik kenegaraan, Ganjar sebagai orang yang lebih mengerti dibandingkan dengan dirinya. Selain itu, Boediono juga mengaku membahas soal pengalamannya dalam pemerintahan sejak orde baru hingga reformasi. 

"Saya lebih banyak dengar kalau soal politik, beliau suhunya. Namun, kalau mengenai pengalaman saya, saya sampaikan kepada beliau. Saya sudah lama di pemerintahan, bahkan sejak orde baru. Saya mengerti sampai reformasi," papar dia. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo