TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Siap Debat, Tak Gentar Dengan Cak Imin dan Mahfud MD

Laporan: AY
Senin, 04 Desember 2023 | 10:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, tak gentar berdebat dengan Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Imin, dan Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD. Putra sulung Presiden Jokowi tersebut menegaskan, siap menghadapi debat yang akan digelar KPU.

Rencana debat Capres-Cawapres sedang ramai diperbincangkan elite. Terutama mengenai perubahan format. Dalam pelaksanaan nanti, tidak ada lagi debat Cawapres secara khusus. Lima kali pelaksanaan debat semuanya akan diikuti secara bersama-sama antara Capres dan Cawapres. Format ini diprotes kubu Capres-Cawapres nomor 1 dan nomor urut 3. Format itu dianggap untuk kepentingan Capres-Cawapres nomor 2, bahkan secara tersirat ada tudingan Gibran tak bisa debat.

Mendengar ini, Gibran pun angkat suara. Wali Kota Solo ini menilai, keputusan KPU menghilangkan sesi debat antar Cawapres tak menguntungkan pihak mana pun, termasuk dirinya. "Nggak, nggak menguntungkan. Sama aja," kata Gibran, usai blusukan di Pasar Rawasari, Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023).

Menurut Gibran, pelaksanaan debat Cawapres dengan format sendiri-sendiri atau pun didampingi pasangannya, sama saja. Yang pasti, Gibran tak keberatan dengan keputusan KPU itu. "Ya kita ngikut aturan KPU aja," ujarnya. 

Gibran memastikan siap hadir di acara debat. Untuk gelaran ini, Gibran mengaku sudah berkonsultasi dengan tim, termasuk dari akademisi. "Sudah, Sudah. Sudah disiapkan," kata Gibran.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep ikutan berkomentar soal keputusan KPU menghilangkan debat khusus Cawapres. Adik kandung Gibran ini bilang, sebaiknya debat antar cawapres tetap digelar seperti pada 2019. Menurut dia, pemilu akan dirasa jauh lebih baik dengan gelaran debat antar-cawapres.

Namun, putra bungsu Presiden Jokowi ini menghormati apa pun keputusan KPU soal format debat Capres-Cawapres. "Kami ikut apa kata KPU, diadakan ya ayo, nggak diadakan ya sudah," kata Kaesang, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023).

Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, terlihat gerah dengan isu yang menyebutkan Gibran takut debat, sehingga debat Cawapres dihilangkan. Dia menegaskan, format debat yang diputuskan KPU adalah kesepakatan bersama semua perwakilan Capres-Cawapres. "Jadi, framing seolah ada upaya menghilangkan debat Cawapres, itu tuduhan yang jahat,” ucap Dahnil, di akun Instagramnya.

Dia pun memastikan, Gibran siap melakukan debat. “Bila perlu ada sesi khusus debat Capres dan Cawapres tersendiri, pakai Bahasa Inggris saja kami siap," tegas Dahnil. 

Sementara, Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, menanggapi isu debat ini dengan santai. Menko Polhukam ini menyerahkan urusan debat kepada KPU. "Kalau saya setuju dan siap saja. Disuruh lomba goreng martabak pun saya juga setuju," kelar Mahfud, di Situbondo, Minggu (3/12/2023). 

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, bicara serius mengenai hal ini. Pria yang akrab disapa ini mengatakan, debat adalah bagian transparansi dari rencana dan gagasan. Ia berharap, debat khusus Cawapres tetap diadakan pada Pilpres 2024, sama dengan Pilpres 2019.

Ketua Umum PKB ini menganggap, debat khusus cawapres penting digelar. "Kalau Pemilu ini mau baik, ya kita adu gagasan, adu program, adu ide. Kami siap melakukan itu," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan, ada perubahan format debat Capres dalam Pilpres 2024. KPU menghilangkan debat khusus Cawapres. Dalam lima kali debat, semua Capres-Cawapres tampil. Alasan KPU, agar publik melihat teamwork dari pasangan Capres-Cawapres.

Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik menerangkan, dalam pelaksanaannya, debat Capres digelar tiga kali dan debat Cawapres digelar dua kali. Hanya saja, pasangan Capres-Cawapres harus hadir di setiap debat tersebut. Saat debat Capres, proporsi bicara lebih banyak Capres dari Cawapres. Demikian juga sebaliknya, saat debat Cawapres, proporsi bicara Cawapres akan lebih banyak dari capres.

Idham memastikan, hal itu tidak bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Pemilu. Dia pun meyakini pasangan Capres-Cawapres dapat menerima hal tersebut. 

Meski begitu, kritikan terhadap KPU terus mengalir. Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, pada gelaran pemilu sebelumnya, ada jadwal debat untuk para Cawapres. Karena itu, perubahan format pada proses Pilpres kali ini menimbulkan pertanyaan. Perubahan format debat telah menimbulkan kesan KPU memihak salah satu pasangan calon. 

"Kalau semua siap tanding, siap bertarung, siap adu gagasan, adu pikiran, adu narasi, adu mengatasi persoalan kebangsaan, dan adu rekam jejak, harusnya debat Cawapres tetap diadakan sebagaimana di Pemilu sebelumnya," kata Pangi Syarwi, dalam keterangannya, Minggu (3/12/2023).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo