TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

107 Juta Orang Melakukan Perjalanan Saat Nataru

Pemerintah Siapkan Tiga Strategi Jitu

Oleh: Farhan
Selasa, 12 Desember 2023 | 10:06 WIB
Kepadatan penumpang di Stasiun Pasar Senin. Foto : Ist
Kepadatan penumpang di Stasiun Pasar Senin. Foto : Ist

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan strategi jitu untuk menghadapi 107,63 juta orang yang akan melakukan perjalanan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, ada tiga strategi yang akan dilakukan Pemerintah menghadapi momen Pertama, perlu dibuatkan skema pengaturan jalan melalui penerapan kebijakan ganjil-genap, contra flow dan one way di semua jalur yang dapat diakses melalui berbagai kanal digital.

“Hal ini penting dilakukan karena libur Nataru bersamaan dengan libur sekolah dan pergerakan masa karena kampanye Pemilu 2024,” kata Muhadjir dalam rapat koordinasi tingkat menteri tentang persiapan Nataru 2023-2024 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Kedua, lanjut Muhadjir, perlu dipersiapkan dengan baik termasuk memitigasi potensi adanya konflik sosial. Ketiga, mengajak pihak swasta dan kementerian lembaga untuk menyediakan layanan mudik gratis.

Menurutnya, fasilitas mudik gratis terbukti meringankan beban dan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan atau insiden yang tidak diharapkan.

“Saya ajak perusahan-perusahaan swasta ramai-ramai menyediakan perjalanan gratis atau mudik gratis kepada karyawan dan kepada masyarakat umum,” tegasnya.

Muhadjir mengungkapkan, saat ini baru Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menggelar mudik gratis untuk masyarakat di sekitar Jabodetabek.

“Disiapkan 3.600 orang penumpang dengan menggunakan 9 unit bus, 120 motor dan akan diangkut dengan empat unit truk,” ungkapnya

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku telah mempersiapkan mudik Nataru dengan baik.

Kami mengidentifikasi tiga tempat yang akan terjadi suatu penumpukan luar biasa, yaitu Cipali, Merak dan Ketapang. Karenanya, saya mengusulkan tiga tempat itu dilakukan suatu peningkatan fasilitas,” ujarnya.

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan libur Nataru dengan menggunakan motor.

Dia mengajak agar kementerian/lembaga dan perusahaan swasta ikut menggelar mudik gratis.

“Kami akan melakukan kegiatan bus gratis dan mengimbau semua kementerian lembaga perusahaan untuk mengadakan mudik gratis. (Selain bus) ada kereta api, ada laut, semuanya ada,” jelasnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, jajarannya menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan.

Saat ini, sudah tidak ada kebijakan yang berlaku tentang pembatasan bepergian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemberian cuti tahunan dilakukan dengan mempertimbangkan beban kerja, sifat dan karakteristik tugas, serta jumlah pegawai dari masingmasing instansi Pemerintah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo