TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nggak Sabar Menanti Debat Cawapres 22 Desember

Laporan: AY
Sabtu, 16 Desember 2023 | 10:05 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Jumat depan (22/12/2023), giliran para Cawapres yang akan menjalani debat. Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD pun mulai siap-siap. Publik pun tak sabar melihat aksi mereka nanti.

Menjelang debat, Muhaimin alias Imin memilih berangkat ibadah umrah di Tanah Suci. "Untuk menenangkan diri," kata Juru bicara Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Angga Putra Fidrian, Kamis (14/12/2023).

Angga tidak menampik, Imina gak tegang menjelang debat perdana Cawapres. "Cak Imin mungkin tegang ya. Lihat hasil debat pertama kaya wow gitu," ujarnya. 

Akan tetapi, Angga memastikan Imin akan memberikan penampilan memuaskan di debat Cawapres nanti. Sebab, Timnas telah menyiapkan materi debat. Misalnya materi dasar terkait pertumbuhan ekonomi, rasio pajak, dan industrialisasi

"Sebagai seorang aktivis, Gus Muhaimin pastinya sudah terbiasa dengan forum debat. Apalagi beliau juga lama menjadi anggota DPR, dan sekarang Wakil Ketua DPR," ucapnya.

Angga melanjutkan, saat ini Imin sedang melatih cara menyampaikan narasi yang efektif. Dengan begitu, visi misi dan programnya dapat diterima masyarakat.

Untuk lawan debat, Angga menyebut, kualitas Mahfud MD patut dipertimbangkan. Mahfud menjadi lawan berat. Untuk menandinginya, Imin harus tampil dengan ciri khas.

Mahfud juga sudah siap-siap untuk debat nanti. Khususnya mengenai materi yang bukan bidangnya, seperti ekonomi. Sebab, selama ini Mahfud dikenal ahli di bidang hukum.

Ya saya mau belajar misalnya apa ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi kan banyak, perdagangan banyak sekali. Ya kita siap saja," jelas Menko Polhukam ini.

Namun, Mahfud pun tetap akan rileks dalam menghadapi debat itu. Justru dia akan banyak bersantai dengan menonton film Mandarin. "Iya, saya suka nonton film lama Mandarin, dulu namanya film Hong Kong di Celestial Movies,” imbuhnya.

Soal lawan, Mahfud menganggap, Imin dan Gibran sama beratnya. "Lawan paling berat saya Cak Imin. Sama itu aja. Mas Gibran, Cak Imin sama berat lah. Ini kan sama-sama spontan," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Sedangkan Gibran, terlihat lebih santai. Wali Kota Solo ini mengaku tidak melakukan persiapan khusus dalam menghadapi debat. "Nggak, nggak ada," ucapnya, saat ditanya wartawan, di Solo, Jumat (15/12/2023).

Mengenai sikap pihak AMIN yang menganggap Mahfud lawan berat, Gibran tak memusingkannya. Bagi Gibran, kualitas Cawapres setara. "Ya, biar saja,” ucapnya.

Saat ditanya kembali mengenai persiapan debat, putra sulung Presiden Jokowi ini tak menanggapi. “Sudah, nggih," tutupnya.

Melihat persiapan para Cawapres ini, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro memprediksi, debat Cawapres akan berlangsung seru. Dia juga melihat, publik sangat menantikan debat Cawapres. Terutama, karena publik ingin melihat penampilan Gibran saat beradu gagasan, pendapat, maupun program dengan Imin dan Mahfud.

"Debat Cawapres ini kan membahas soal ekonomi kerakyatan. Gibran cukup diunggulkan karena memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman di bidang bisnis sebelumnya. Artinya, tinggal bagaimana Gibran lebih aktif bersuara dibanding sebelumnya yang selalu irit bicara," ucap Agung, Jumat (15/12/2023).

Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo juga melihat, debat Cawapres ini juga dinantikan publik. "Saya pikir debat akan selalu menarik minat publik," ucap Wasisto.

Komentar:
Eka Hospital
Perkim
Bapenda
ePaper Edisi 20 Mei 2024
Berita Populer
05
Pesawat Latih Jatuh di BSD Memakan 3 Korban Jiwa

TangselCity | 21 jam yang lalu

08
Jelasin Kenapa Uang Kuliah Mahasiswa Mahal

Nasional | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo