TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

11. 300 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Tangerang Segera Booster Ke Dua

Oleh: AY/BNN
Senin, 01 Agustus 2022 | 21:25 WIB
Tenaga kesehatan sedang suntik booster. Foto : Istimewa
Tenaga kesehatan sedang suntik booster. Foto : Istimewa

TANGERANG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menargetkan 11.300 petugas tenaga kesehatan (Nakes) untuk vaksinasi Covid-) 19 dosis empat atau booster kedua. Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan Indonesia, yang akan diberikan vaksin dosis empat adalah tenaga kesehatan terlebih dahulu.


“Ya memang surat edaran dari Kemenkes ini sudah kita terima, dan kita sudah mulai pendataan untuk alokasi ke 11.300 orang Nakes,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi kepada Satelit News (Tangsel Pos Group) Minggu (31/7).


Hendra mengatakan, teknis pelaksanaan dalam pemberian vaksinasi dosis penguat kedua atau dosis empat, untuk ribuan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan seperti dokter, perawat, dan pegawai rumah sakit, itu dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan serta di pos pelayanan vaksinasi Covid-19.

Akan tetapi, lanjut Hendra, dari penyelenggaraan itu sampai saat ini belum direalisasikan. Karena, pihaknya masih menunggu aturan atau turunan dari surat edaran nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua. Kemudian mengengenai jenis dosis vaksin apa yang harus digunakan untuk Nakes tersebut.
“Jadi sampai saat ini kita belum bisa mulai, karena ternyata dari Kemenkes itu belum pasti, apakah pada pemberian dosis penguat nakes ini pakai Sinovac, Pifizer atau Moderna. Kita akan menunggu teknis selanjutnya dulu,” katanya

Namun, Hendra memastikan, secara keseluruhan dalam kesiapan ataupun pendataan dan alokasi penerimaan vaksinasi penguat bagi Nakes yang ada di wilayahnya itu sudah siap.

“Selanjutnya, kalau vaksin penguat kedua untuk Nakes ini sudah selesai. Kemungkinan besar akan diteruskan ke masyarakat umum,” ujarnya.
Senada, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mrnambahkan, bahwa Pemerintah Pusat sudah menginstruksikan adanya penyuntikan booster kedua, dengan tahap awal pada tenaga kesehatan atau Nakes.
“Pertama petugas kesehatan yang wajib booster untuk keduanya atau keempatnya, baru masyarakat. Dan semua fasilitas kesehatan di Kabupaten Tangerang siap melayani masyarakat yang mau suntik, pertama maupun booster kedua,” kata Zaki.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Muchlis mengatakan, pihaknya mencatat capaian vaksinasi Covid-19 tahap pertama saat ini sudah melebihi dari target 70 persen. Karena kata dia, warga yang kini telah mendapatkan dosis vaksin mencapai 2,2 juta lebih atau sekitar 80 persen dari target sasaran 2,8 juta jiwa.
Sedangkan, capaian vaksinasi dosis lengkap atau tahap kedua sudah tercatat sebanyak 1,9 juta jiwa atau 67,5 persen. Kemudian, untuk capaian vaksinasi booster atau tahap ketiga kini baru sebanyak 611.348 ribu jiwa atau mencapai 27.9 persen.
“Kita akan persiapkan vaksinasi tahap empat, sambil menunggu aturan atau turunan dari surat edaran nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua, mengenai jenis dosis vaksin apa yang harus digunakan untuk Nakes tersebut,” tambahnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo