TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jarang Minum Air Putih dan Doyan Minum Boba, Picu 300 Batu Ginjal di Tubuh Wanita Ini

Laporan: Gema
Sabtu, 16 Desember 2023 | 15:50 WIB
Foyo : Ist
Foyo : Ist

TAIWAN - Xiao Yu, seorang wanita berusia 20 tahun di Taiwan, dirawat di rumah sakit lantaran mengalami demam dan sakit punggung yang parah. Dokter pun menemukan dirinya mengalami pembengkakan ginjal dengan batu saat diperiksa melalui USG.

Akhirnya, dokter melakukan operasi untuk menghilangkan batu dari tubuh Xiao Yu. Sebanyak lebih dari 300 batu pun dikeluarkan dari ginjal wanita ini.

Berdasarkan hasil CT scan, batu tersebut memiliki ukuran sekitar 5 mm dan 2 cm, tes darah yang menyertainya juga menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Ternyata, Xiao Yu dikatakan mengidap batu ginjal lantaran kebiasaannya yang sering mengonsumsi minuman bubble tea, atau boba. 

Tentu saja, kebiasaan mengonsumsi minuman manis dengan kadar berlebih ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Ia juga disebut tidak suka meminum air putih.

Seseorang yang mengidap batu ginjal, biasanya akan mengalami gejala seperti rasa sakit yang luar biasa di kedua sisi punggungnya, lalu berpindah ke perut bagian bawah atau selangkangan.

Selain itu, mereka juga akan merasakan nyeri saat buang air kecil, mual, muntah, demam, serta menggigil.

Kondisi ini juga dapat terlihat dari urine yang berwarna merah darah, atau yang berbau tidak sedap dan terlihat keruh.

Batu ginjal baru akan mulai terasa sakit ketika sudah menyebabkan iritasi atau penyumbatan. Pengidap kondisi ini biasanya akan mengalami kesulitan saat duduk ataupun berdiri dalam waktu yang lama.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo