TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Harus Punya Langkah Strategis Atasi Banjir

Dewan: Bangun Tandon & Sediakan Anggaran Khusus

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 10 Januari 2024 | 07:45 WIB
Ist.
Ist.

SETU-Dewan berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel punya langkah strategis dalam menangani banjir. Salah satunya membangun tandon di kawasan langganan banjir dan menyediakan anggaran khusus.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Iwan Rahayu menyebutkan, langkah lebih strategis dalam menangani banjir di kawasan pemukiman ini harus segera dilakukan.

Menurutnya, langkah strategis ini harus menyentuh langsung di kawasan pemukiman, tidak hanya sekadar lakukan perbaikan drainase saja, tetapi harus membuat tampungan air baru atau tandon di titik yang selalu diterpa banjir.

“Sudah saya ingatkan pada saat APBD Perubahan 2023, hati-hati banjir menjelang akhir tahun 2023, dan akhirnya terjadi juga banjir besar. Daerah yang tadinya tidak banjir sekarang banjir, yang tadinya air hanya lewat sekarang tergenang, dan kami di DPRD jadikan ini evaluasi besar-besaran,” ujarnya, Selasa (9/1).

Ia menilai, langkah strategis yang harus diperhatikan yaitu, menyediakan tandon  resapan air di titik yang memang sangat rawan banjir. “Harus diperhatikan cluster yang memang rawan banjir ini, atau perumahan rawan banjir, kaji seluruhnya dan jika memang diperlukan fasos-fasumnya dibuatkan tandon untuk serapan air ketika hujan deras,” ujarnya.

Iwan juga mengingatkan kembali, bahwa penanganan banjir di Kota Tangsel ini penganggarannya itu harus khusus untuk banjir, tidak bisa dipecah di banyak dinas.

“Harus di anggarkan secara khusus untuk penanganan banjir , tidak bisa lagi hanya sekedar dianggarkan untuk penanganan banjir, tapi harus khusus,” tegasnya.

Sementara, Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie berikan instruksi kepada jajarannya di Dinas Sumber Daya Air Kota Tangsel untuk mengecek apa yang bisa dibenahi agar ketemu solusinya. Tahun anggaran ini juga telah diminta menghitung berapa alokasi dana yang disiapkan untuk penanganan banjir.

Seperti kasuistik di Perumahan Maharta, Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, itu lantaran pompa penyedot tersumbat sampah. Insiden itu terjadi pada Sabtu malam kemarin.

"Dan mungkin perlu bantuan dari warga juga untuk kalau lagi gak hujan bersihin," pungkasnya.

 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo