TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Diacara HUT PDIP, Jokowi Tak Hadir Dan Tak Kirim Video Ucapan

Laporan: AY
Rabu, 10 Januari 2024 | 16:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sejak putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto, hubungan presiden Jokowi dengan PDIP merenggang. Bahkan di HUT PDIP ke-51, Jokowi tidak hadir dan tidak pula mengirimkan video ucapan.
Dalam HUT PDIP yang digelar secara sederhana di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1), adalah wakil presiden (wapres) KH Ma'ruf Amin yang hadir. Ia duduk di kursi baris depan bersama Mega dan calon presiden (capres) yang diusung oleh PDIP Ganjar Pranowo.
Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu disambut hangat dan full senyum oleh Mega. Dalam pidatonya, ia menyampaikan terima kasih kepada Wapres yang sudah berkenan hadir.
"Yang terhormat Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Profesor Doktor KH Ma'ruf Amin," ucap Megawati mengawali sambutannya, disambut riuh tepuk tangan hadirin.

"Yang bersedia hadir," lanjut Megawati dengan penuh senyuman.

Selain Wapres, HUT PDIP kali ini ternyata banyak dihadiri langsung oleh para menteri. Bahkan menteri di luar PDIP seperti Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri ESDM, Arifin Tasrif; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; dan Menteri Parekraf, Sandiaga Uno.

Mega menyampaikan, para menteri yang hadir ini berinisiatif sendiri untuk minta diundang oleh PDIP.
"Para menteri yang hadir di sini, supaya Pak Maruf tahu, mereka ingin diundang jadi saya undang," ungkapnya.

Sementara menteri dari PDIP yang tampak hadir di antaranya Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Tri Rismaharini, MenPAN-RB Azwar Anas, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.
Sementara presiden Jokowi, selain tidak tampak di lokasi acara, ia juga tidak mengirimkan video ucapan selamat HUT untuk PDIP. Sebagaimana kerap dilakukan presiden ketika berhalangan hadir.

Beberapa video ucapan HUT yang tayang di acara antara lain datang dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud Md yang juga calon wakil presiden (cawapres) yang diusung oleh PDIP. 
Video ucapan HUT PDIP ke-51 juga datang dari partai koalisi pendukung capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Seperti dari Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya memang tidak mengundang presiden Jokowi karena dikabarkan akan melakukan kunjungan luar negeri.
"Presiden Jokowi akan melaksanakan tugas negara di luar negeri di Filipina. Tapi watak kegiatan (HUT) kali ini turun ke bawah menyatu dengan rakyat itu sendiri," kata Hasto, Sabtu (6/1) lalu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo