TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Groundbreaking Masjid Negara IKN, Biaya Pembangunannya Rp 40 M

Laporan: AY
Rabu, 17 Januari 2024 | 15:17 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

IKN - Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (16/1/2024).
Masjid berkapasitas 61 ribu jamaah ini akan dikelilingi embung buatan.
"Saya membayangkan masjid ini akan sangat indah dari luar. Begitu juga interiornya. Tapi, bukan hanya itu. Di kawasan ini, juga akan dibangun gereja katedral, pura, wihara, dan kelenteng," kat Jokowi, Rabu (17/1/2024).

"Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam. Tetapi, kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” imbuhnya.

Masjid Negara di IKN yang akan dilengkapi  dengan infrastruktur kawasan seperti jalan dan jembatan, dibangun dengan biaya Rp 40 miliar.
Masjid ini dibangun selama kurang lebih  400 hari kalender. “Akhir tahun ini, saya dibisiki bisa selesai. Insya Allah bisa selesai,” ujar Jokowi.

Presiden ke-7 RI ini berharap, 
Masjid Negara dapat mempresentasikan kemajemukan bangsa Indonesia. Serta menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.
Di samping dapat menjadi tempat yang nyaman bagi umat muslim, untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan maupun aktivitas sosial lainnya, serta menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di IKN.

Saya ingin, masjid yang akan dibangun ini menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” tutur Jokowi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir dalam acara groundbreaking Masjid Negara ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo