TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Dua Hari Kampanye Di Jateng, Puan Tidak Ketar-ketir

Laporan: AY
Rabu, 31 Januari 2024 | 09:05 WIB
Capres No 2 Gibran saat kampanye di Wonogiri. Foto : Ist
Capres No 2 Gibran saat kampanye di Wonogiri. Foto : Ist

JAWA TENGAH - Dua hari kampanye di Jawa Tengah (Jateng), Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, sesumbar berhasil menggetarkan kandang banteng. Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani santai saja. Putri bungsu Megawati Soekarnoputri ini, tidak ketar-ketir.
Jateng menjadi arena pertarungan sengit bagi Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sepekan terakhir, kedua kubu berkeliling kampanye di Jateng.
Jateng selama ini memang dikenal sebagai basis PDIP alias kandang banteng. Hal ini karena PDIP selalu mendominasi di Jateng, baik di Pileg, Pilpres, maupun Pilkada.
Dominasi tersebut saat ini sedang dicoba digoyang oleh kubu Prabowo-Gibran dengan menggelar kampanye menyisir wilayah Jateng. Pada Minggu (28/1/2024), Prabowo dan Gibran menggelar kampanye akbar di Simpang Lima, Semarang. Dari sana, Gibran geser ke Solo menghadiri pameran produk lokal Aerostreet di Mall Solo Paragon. Hari Senin (29/1/2024), Gibran meluncur ke Pekalongan. Di sana, putra sulung Presiden Jokowi itu bertemu para pengrajin batik dan pegiat UMKM.

Dua hari berkeliling Jateng, Gibran merasa usahanya membuahkan hasil positif. Meski belum bisa menggoyang banteng, tapi sudah menggetarkan. “Menggoyang? Nggak. Menggetarkan aja," kata Gibran, saat ditanya wartawan soal kampanyenya, sambil tersenyum, di Tegal.

Menanggapi upaya kubu Prabowo-Gibran menggoyang kandang banteng, Puan tetap santai. Dia yakin Jateng akan tetap jadi kandang banteng.

"Targetnya, ya, Jawa Tengah tetap merupakan kandang banteng. Rakyat pasti punya pilihannya," kata Puan, di sela kampanye di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024).
Ditanya soal omongan Gibran yang berhasil menggetarkan kandang banteng, Puan enggan berkomentar panjang lebar. Kata dia, lihat saja hasil pencoblosan nanti, siapa pemimpin yang akan dipilih rakyat Jateng.  "Rakyat pasti sudah punya pilihan yang terbaik dan terbaik untuk Jawa Tengah," kata Ketua DPR ini.

Dalam kunjungannya ke Klaten, Puan mendatangi beberapa lokasi. Di antaranya sentra kerajinan gerabah di Kecamatan Wedi dan Camilan Wisnu Aji di Kecamatan Jogonalan.
Lalu, bagaimana peta kekuatan di Jateng saat ini? Survei terbaru LSI Denny JA menunjukkan, Ganjar-Mahfud masih unggul di Jateng dengan 40,3 persen. Namun, posisinya dibayangi Prabowo-Gibran yang sukses meraih 38,7 persen. Dengan demikian, selisih Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran di Jateng tinggal 1,6 persen.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan, kondisi ini terjadi lantaran wilayah Jateng mendapat gempuran dari kubu Prabowo-Gibran. Apalagi dalam sebulan ini, Presiden Jokowi ikut turun menyapa masyarakat Jateng. Kata dia, Jokowi effect di Jateng menguntungkan kubu Prabowo-Gibran.
Ia melanjutkan, suara di Jateng bergengsi dan menjadi salah satu faktor penentu kemenangan di Pilpres 2024. Elektabilitas Prabowo-Gibran naik di Jateng akan menguntungkan dan membuat untuk paslon dengan nomor urut 2 tersebut mudah unggul di daerah lain.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo