TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemilu Jurdil

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 03 Februari 2024 | 08:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Hari pencoblosan sudah dekat. Para peserta Pemilu 2024 sudah saatnya fokus pada upaya mempersiapkan saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Peran saksi sangat penting untuk menjaga suara calon anggota legislatif (Caleg) di daerah pemilihan (Dapil)-nya masing-masing.
Peran saksi juga sangat penting un­tuk mencegah kemungkinan terjadinya kecurangan atau perpindahan suara antar Caleg dan antar Parpol. Begitu ada tanda-tanda bakal terjadi kecuran­gan, saksı harus secepatnya melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kita berharap, peserta Pemilu bersa­ma-sama para saksı dan Bawaslu men­jaga pesta demokrasi 14 Februari 2024 berjalan secara jujur dan adil (Jurdil). Siapapun tak boleh mengotori Pemilu.
Kita juga berharap, pada hari-hari ke depan ini hingga hari H pencoblosan, peserta Pemilu menjauhi kecurangan dan tidak melakukan politik uang.

Supaya Pemilu dapat menghasilkan anggota legislatif berintegritas, kom­peten dan berkualitas, mereka yang terlibat dalam pesta demokrasi mesti memegang teguh prinsip kejujuran dan keadilan.

Begitu muncul tanda-tanda bakal terjadi kecurangan atau politik uang, Bawaslu harus segera bertindak. Sanksi tegas mesti dikenakan kepada. mereka yang terbukti melakukan pelanggaran.

Siapapun dari partai manapun, ka­lau terbukti melakukan politik uang mesti ditindak tegas. Kalau petugas­nya ikut berbuat curang, juga harus ditindak tegas.
Para Caleg juga harus selalu mengin­gatkan tim suksesnya agar tidak berbuat curang. Tidak melakukan politik uang dan tidak mencuri suara Caleg lain.

Kita juga berharap, Komisi Pe­milihan Umum (KPU) terus melaku­kan sosialisasi, agar masyarakat antusias untuk datang ke TPS.
KPU juga harus mengingatkan penyelenggara Pemilu supaya selalu menjaga integritas. Ini penting agar hasil Pemilu dipercaya rakyat.

Sekali lagi kita berharap, peserta dan penyelenggara Pemilu menjauhi hal-hal yang bisa merusak pesta demokrasi. Kita juga berharap, Ba­waslu lebih ketat mengawasi jalannya Pemilu. Termasuk memonitor proses penghitungan suara dari bawah hingga ke tingkat pusat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo