TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sukabumi Diguncang Gempa Berkekuatan M 4,5, Guncangan Terasa Hingga Cianjur

Oleh: Farhan
Kamis, 08 Februari 2024 | 08:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SUKABUMI - Gempa berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya, pada Kamis (8/2/2024) pukul 01.31 WIB. Hasil analisa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa terletak di laut pada jarak 80 kilometer barat daya Kota Sukabumi pada kedalaman 29 kilometer. 
Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut. 

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan Skala Intensitas II MMI.
"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut," kata Hertanto. 

Hingga pukul 01.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Hertanto meminta masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo