TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tol Serang Panimbang Kerek Ekonomi Banten

Laporan: AY
Senin, 08 Agustus 2022 | 16:42 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beserta Menteri PU Basuki Hadimuljono pada ground breaking seksi 3 Cileles - Panimbang. Foto : Istimewa
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beserta Menteri PU Basuki Hadimuljono pada ground breaking seksi 3 Cileles - Panimbang. Foto : Istimewa

PANDEGLANG  - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Tol Serang-Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) akan meningkatkan ekonomi Banten.


Hal tersebut dikatakan luhut pada acara Ground Breaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3 di Pandeglang Provinsi Banten, Senin (8/8) 


“Sekarang kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata, saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik,” kata Luhut.

Luhut juga optimis daerah ini menjadi destinasi wisata mengingat jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Seperti yang diketahui, pembangunan infrastruktur jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terbagi menjadi tiga seksi.

“Saya berharap dengan jadinya jalan tol ini, membuat daerah ini menjadi destinasi turis, dikarenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu 5 jam menjadi 3 jam saja,” tambah Luhut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, rencana pembangunan Tol Serang-Panimbang akan rampung sekitar kuartal I-2024. Dari total tol, sepanjang 26,5 km Serang-Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi dua Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 Km sedang dalam tahap konstruksi dengan progress lebih dari 30 persen. 

“Dan seksi tiga sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang,” kata Basuki.
Proyek pengerjaan tol merupakan bentuk dari Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dengan pembagian pengerjaan sepanjang 50km oleh badan usaha, dan sekitar 33 km dibangun oleh pemerintah.

Kunjungi Tanjung Lesung

Luhut juga memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi pada provinsi Banten lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kunjungan ini, Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan pantai Marina Tanjung Lesung. 


“Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung, saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung, karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua,” tutup Luhut. (AY/AN/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo