TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jamin Kesehatan Masyarakat, Berikut Langkah Progresif RSU Tangsel pada 2025

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 01 Maret 2024 | 13:43 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai program dan perencanaan yang matang dipersiapkan RSU Kota Tangsel. Hal tersebut dipaparkan dalam Forum Gabungan Perangkat Daerah, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP3KB) yang berlangsung di Aula RS Sari Asih, Ciputat, Tangsel, Kamis (29/2/2024). 

Kepal Dinkes Kota Tangsel, Allin Hendallin Mahdaniar menerangkan, forum ini membahas berkaitan dengan rencana kegiatan yang akan dilakukan pada 2025 mendatang. 

"Serta membahas isu yang berkembang khususnya di bidang kesehatan," ujar Allin dalam acara tersebut. 

Ia mengatakan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, diperlukan adanya peningkatan kualitas pelayanan. 

Sebagai salah satu upayanya, kata Allin, RSU Kota Tangsel kini telah dilengkapi dengan teknologi kesehatan yang sangat mumpuni dan mutakhir. 

"Tentunya juga kita menambah jenis pelayanan yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu satu pelayanan radiologi yaitu CT Scan, khususnya untuk lebih mendiagnosa. Kemudian juga kita punya namanya untuk Rontgen gigi panoramik, jadi bisa me-rontgen seluruh gigi beserta rahang. Kemudian juga ke depan kita sudah mengajukan untuk pelayanan prioritas atau inovasi jantung ini sedang kita ajukan ke Kementerian," papar Allin. 

Lebih lanjut, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha, RSU Kota Tangsel, Dokter Oco menyatakan, RSU Kota Tangsel terus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

Hal tersebut tersaji di dalam pemaparannya pada forum ini. Terdapat beberapa program prioritas yang akan dijalankan pada 2025 mendatang.  

"Ini merupakan kegiatan rutin yang memang eksisting dalam hal kesehatan yang, di antaranya seperti obat-obatan dan makan minum untuk pasien, pemeliharaan alat-alat kesehatan, terus untuk kesehatan lingkungan dalam hal ini adalah limbah medis. Intinya itu adalah hal-hal yang memang sudah mendasar eksisting di saat itu menjadi prioritas yang kita lakukan di tahun 2025. Kemudian adapun untuk program tambahan itu tentunya nanti kita melihat pada kekuatan anggaran APBD Kota Tangerang Selatan," papar Oco. 

Sementara dari segi pelayanan, kata Oco, pihaknya kini telah melakukan berbagai macam persiapan untuk menjadi rumah sakit rujukan jantung. 

"Karena untuk bisa mengadakan pelayanan rujukan jantung tentunya ada hal lain dari segi teknologi kesehatan yang harus kita persiapkan. Seperti ICCU atau Intensive Cardiology Care Unit, lalu itu juga harus diadakan kateter jantung. Itu juga harus dipersiapkan tentunya," terangnya. 

Selain itu dari segi sumber daya manusia (SDM), lanjut Oco, kini RSU Kota Tangsel juga telah memiliki sejumlah dokter spesialis yang sangat berkompeten di bidangnya. Hal tersebut terbukti, dari banyaknya layanan poli yang tersedia di RSU Kota Tangsel. 
 
"Kemudian dari segi fasilitas, kita sudah memiliki teknologi CT Scan. Itu adalah pengadaan tahun 2023 pada perubahan dan Alhamdulilah itu sudah ada. Tapi untuk bisa operasional harus ada izin Bapeten, saat ini masih berproses. Kalau fisiknya sudah ada," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo