TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

OCBC Luncurkan Creative Hub Ruang Kreasi, Fasilitasi Kreativitas Marketing dan Digital UMKM

Laporan: Redaksi
Jumat, 01 Maret 2024 | 15:40 WIB
Peresmian gerai Ruang Kreasi by OCBC di Pasar Modern Intermoda Cisauk, BSD, Tangerang, Banten, Jumat (1/3/2024). (tangselpos.id/lim)
Peresmian gerai Ruang Kreasi by OCBC di Pasar Modern Intermoda Cisauk, BSD, Tangerang, Banten, Jumat (1/3/2024). (tangselpos.id/lim)

TANGERANG - OCBC meluncurkan sebuah creative hub lembaga keuangan pertama di Indonesia bernama Ruang Kreasi by OCBC di Pasar Modern Intermoda BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (1/3/2/2024).

Creative hub tersebut hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kreativitas dan kegiatan pemasaran UMKM. Bukan tanpa sebab, hal ini dilakukan agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka.

Amir Widjaya, Marketing & Lifestyle Business Division Head OCBC, menjelaskan bahwa creative hub ini juga sebagai upaya dan komitmen untuk menyalakan semangat para pelaku UMKM di Indonesia agar #BeraniNaikLevel.

“UMKM harus terus meningkatkan daya saing, karena inovasi dan kreativitas lah yang akan membuat bisnis stand out di antara yang lain. Namun, banyak juga UMKM yang masih pemula dalam pemasaran digital dan sosial media, sehingga kadang mereka tidak tahu harus mulai dari mana, atau belum memiliki tempat atau fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mereka. Ini lah yang menjadi latar belakang OCBC menghadirkan Ruang Kreasi, tempat di mana mereka bisa mulai berinovasi, mengasah kreativitas, dan berkolaborasi,” ujar Amir Widjaya.

Sementara itu, Sari Kartika, SME Proposition Division Head OCBC, menjelaskan bahwa UMKM juga dapat menggabungkan fasilitas Ruang Kreasi dengan berbagai produk dan solusi Nyala Bisnis dari OCBC, yang tentu saja disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan dari para pebisnis.

“OCBC menawarkan solusi finansial usaha berbasis edukatif dan konsultatif. Tidak hanya memberikan solusi finansial hingga akses modal usaha yang mudah, tetapi juga membangun sistem pendampingan yang mendukung secara menyeluruh melalui Business Fitness Solution/Solusi Kesehatan Bisnis. OCBC juga terus mendukung UMKM untuk go digital lewat solusi layanan yang terus ditingkatkan untuk menjadi semakin mudah, dan cepat dan nyaman untuk diakses,” jelasnya.

Melalui Ruang Kreasi by OCBC ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat terus mengasah kemampuannya dalam berkreasi, dan meningkatkan daya saing di era digital.

“Dengan menggabungkan produk dan solusi yang semakin komprehensif, ditambah dengan fasilitas creative hub yang mengasah kreativitas dan inovasi, UMKM Indonesia bisa semakin berani untuk terus naik level,” tutupnya.

Sementara itu, Edho Zell, founder dari Social Bread yang merupakan sebuah digital marketing marketplace, menambahkan bahwa kebanyakan bisnis di Indonesia sudah mulai beralih ke dunia digital. Namun, masih banyak pelaku bisnis yang belum merasakan dampaknya secara signifikan.

"Kebanyakan UMKM kesulitan mengembangkan bisnis mereka secara online, di antaranya karena keterbatasan SDM, keahlian, dan keterampilan untuk mengelola dan memaksimalkan kegiatan pemasaran digital mereka," tambah Edho.

Dengan dibukanya Ruang Kreasi untuk nasabah Nyala Bisnis di tahun 2024 ini, OCBC memiliki target untuk membantu sekitar 100 UMKM untuk meningkatkan kreativitas dan literasi teknologi lewat berbagai program, termasuk Nyala Bisnis Kreasi Class, yaitu kelas edukasi bisnis dengan seorang pakar. Kegiatan ini ditargetkan mulai dijalankan di Q2 2024, yang khusus dibuka untuk nasabah Nyala Bisnis.

Ruang Kreasi by OCBC ini terletak di Pasar Intermoda BSD yang dekat dengan transportasi umum, sehingga mudah dijangkau oleh UMKM. Creative hub ini memiliki tiga lantai yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM, dengan studio foto di lantai satu untuk mengambil foto model atau katalog. Di lantai dua terdapat ruang kolaborasi untuk coworking space dan control room, dan di lantai tiga tersedia ruangan-ruangan yang bisa digunakan untuk siaran live stream, photoshoot, dan video shooting. Studio livestream di Ruang Kreasi by OCBC ini bisa digunakan dengan melakukan reservasi melalui web ocbc.id/bookruangkreasi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo