TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Tangsel Terus Genjot Cakupan Imunisasi Bagi Anak

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:09 WIB
pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Tangsel. (ist)
pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Tangsel. (ist)

CIPUTAT, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Kesehatan terus berupaya menggenjot angka capaian imunisasi bagi anak di wilayahnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, cakupan ini akan dikejar selama program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) berlangsung, tepatnya sejak 1 Agustus hingga 14 September 2022 mendatang. 

Sedikitnya, terdapat ratusan ribu anak yang akan menjadi target sasaran dalam program imunisasi ini. 

Sementara untuk jenis bermacam-macam, mulai dari imunisasi MR (Measles and Rubella) untuk pencegah penyakit campak dan rubella, vaksin OPV dan IPV untuk mencegah penyakit polio, dan imunisasi DPT-HB-HIB untuk mencegah anak terjangkit penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, serta Pneumonia (radang paru) dan Meningitis (radang selaput otak) yang disebabkan infeksi kuman Hib. 

"Untuk sasaran imunisasi MR sasarannya sebanyak 114.571 anak, OPV 14.326 anak, IPV sebanyak 28.483 anak, dan DPT-HB-HIB sebanyak 13.278 anak," papar Allin. 

Saat ini, kata Allin, program tersebut telah berjalan lebih dari sepekan. Lebih dari 16 ribu anak di wilayahnya telah melaksanakan imunisasi. 

"Untuk imunisasi MR, kini sudah mencapai 11,1 persen dengan cakupan  12.625 anak. Imunisasi OPV telah mencapai 9 persen dengan cakupan 1.283 anak, IPV mencapai 4,1 persen dengan cakupan  1.173 anak, dan terakhir imunisasi DPT-HB-HIB mencapai 12,1 persen dengan cakupan 1.608 anak," ungkap Allin. 

Berdasarkan proses pada sepekan pertamanya ini, Allin optimis dapat mengejar target yang telah dicanangkan. 

"Harus optimis. Posyandu terus melayani sesuai jadwal masing-masing," imbuhnya. 

Allin pun berharap, program BIAN ini dapat mewujudkan Indonesia, dan khususnya Tangsel terbebas dari campak rubella dan penyakit polio, dan penyakit lain yang dapat membahayakan tumbuh-kembang anak.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo