TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ini Penyebab Kemacetan di Pelabuhan Merak Kata Dirlantas Polda Banten

Laporan: Gema
Minggu, 07 April 2024 | 00:19 WIB
Situasi di Dermaga 1 Pelabuhan Merak, Banten. (06/04/2024). (BP)
Situasi di Dermaga 1 Pelabuhan Merak, Banten. (06/04/2024). (BP)

CILEGON - Beberapa waktu menuju Lebaran, sudah terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang menuju ke Pelabuhan Merak hingga mencapai KM 96 atau tepatnya 1 km sebelum Gerbang Tol Merak, Sabtu (6/4/2024).

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Leganek Mawardi, menjelaskan penyebab terjadinya kemacetan di kawasan tersebut.

"Telah terjadi antrian menuju Pelabuhan Merak dikarenakan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta yang akan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak ASDP dengan tujuan Pulau Sumatra, di mana jumlah dermaga pelabuhan tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk," jelasnya.

Direktorat Lalu Lintas pun melakukan beberapa langkah guna mengurai antrean kendaraan yang cukup panjang tersebut.

 "Untuk mengatasi hal tersebut kami akan melakukan penundaan keberangkatan atau delay system di Rest Area KM 43 A , Rest Area KM 68 A, maupun ruas jalan Cikuasa atas sebelum fly over Merak," tambahnya.

Delay system ini diberlakukan pada ruas jalan Cikuasa agar tidak mengganggu aktivitas warga lokal. Sebab di kawasan tersebut, hanya terdapat satu akses jalan meninu ke pelabuhan.

Petugas juga sudah menyiapkan fasilitas yang diperlukan untuk diberlakukannya delay system.

"Dalam pelaksanaan delay syatem petugas juga telah menyiapkan makanan ringan dan minuman serta menyiapkan fasilitas lain seperti toilet umum kepada para pemudik yang disiapkan dipinggir jalan tol," ungkapnya.

Dirlantas juga memberikan imbauan kepada para pemudik agar tetap bersabar dalam perjalanan menuju ke kampung halamannya.

"Diharapkan para pemudik dapat bersabar saat mengantri menuju pelabuhan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas agar tercipta mudik yang aman, transportasi nyaman, tanpa hambatan," tutup Dirlantas Polda Banten.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo