TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Setelah Ditetapkan Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Bangun Koalisi, Gibran Langsung Blusukan

Laporan: AY
Kamis, 25 April 2024 | 08:26 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTA - Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029. Beberapa jam setelah ditetapkan, Prabowo dan Gibran langsung tancap gas. Prabowo bangun koalisi, Gibran blusukan.

Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih digelar di Gedung KPU, Rabu (24/4/2024). Prabowo-Gibran tiba di Gedung KPU sekitar pukul 10.49 WIB. Mereka berangkat bersama dari rumah Prabowo, di Kertanegara, Jakarta, sekitar pukul 9.30 WIB dengan menumpangi mobil Toyota Alphard berwarna putih B 108 PSD.

Prabawo-Gibran kompak mengenakan setelan kemeja putih, celana hitam. Kehadiran Prabowo-Gibran disambut para elite partai pendukungnya.

Sebelum memasuki Gedung KPU, Prabowo-Gibran sempat menghampiri para wartawan. Dia pun menyapa dan menjawab pernyataan beberapa wartawan. Setelah itu, keduanya memasuki Gedung KPU.

Sekitar pukul 10.00 WIB, giliran pasangan capres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tiba di Gedung KPU dengan menaiki Toyota Alphard hitam. Mereka langsung menyusul Prabowo-Gibran ke dalam Gedung KPU.

Acara penetapan sempat molor dari jadwal yang seharusnya dimulai pukul 10.00 WIB. Acara baru dimulai sekitar pukul 10.30 WIB, karena menunggu kehadiran pasangan Capres 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Namun, hingga acara dimulai, Ganjar-Mahfud tidak juga hadir. Mereka beralasan baru menerima undangannya.

Proses penetapan Presiden dan Wapres terpilih itu, dimulai dengan rapat sidang pleno KPU yang dipimpin Ketua KPU, Hasyim Asy'ari.

"Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim, rapat pleno KPU dengan agenda penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dinyatakan dibuka," kata Hasyim.

Kemudian, Hasyim membacakan berita acara yang berisikan tentang proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di 38 provinsi. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran keluar sebagai pemenang. Keduanya berhasil mengalahkan pasangan calon Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Berdasarkan berita acara KPU menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode tahun 2024-2029," ujar Hasyim, disambut tepuk tangan peserta rapat pleno yang didominasi pendukung Prabowo-Gibran.

Prabowo-Gibran mengantongi suara 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional.

"Memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi," kata Hasyim.

Setelah itu, Hasyim beserta enam Komisioner KPU lainnya menandatangani berita acara penetapan Presiden dan Wapres terpilih. Karena banyaknya berkas yang harus ditandatangan KPU, acara pun sempat terhenti.

Mengisi waktu sambil menunggu penandatangan berkas acara selesai, Prabowo-Gibran pun terlihat sempat berbincang dengan Anies. Mereka terlihat banyak senyum.

Setelah selesai penandatanganan, berita acara dan salinan keputusan KPU tentang penetapan pasangan Presiden dan Wapres terpilih diserahkan kepada pihak-pihak terkait dan Prabowo-Gibran.

Prabowo lalu diberikan kesempatan menyampaikan pidato. Dalam pidatonya, Prabowo berjanji akan menjadi presiden untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Termasuk yang tidak pilih kami,” kata Menteri Pertahanan itu.

Prabowo mengatakan, dirinya dan Gibran akan membuktikan bekerja dan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia. Dia berterima kasih kepada rakyat karena diberikan kehormatan dan kepercayaan besar untuk memimpin Indonesia. Dia pun memohon doa restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar diberikan kekuatan menjalankan tugasnya.

Selain itu, Prabowo mengajak, semua pihak untuk bersatu.

"Kontestasi telah selesai. Pertandingan telah selesai,” tegas mantan Danjen Kopassus itu.

Prabowo mengakui, dalam Pilpres terjadi kontestasi yang tajam sampai perdebatan yang panas. Namun, sekeras dan setajam apapun, tetap satu rumpun, satu keluarga besar, dan sama-sama anak bangsa Indonesia.

"Ini tuntuan rakyat. Kita harus bersatu, kita harus rukun,” tambahnya.

Setelah Pilpres selesai, kata dia, rakyat menuntut semua unsur pimpinan bekerja sama dan berkolaborasi untuk membawa kebaikan, kesejahteraan, kemakmuran dan menghilangkan kemiskinan serta korupsi di Indonesia.

"Saya yakin dorongan Mas Anies, Mas Muhaimin, Mas Ganjar, dorongannya sama dengan saya. Kita ingin yang terbaik untuk rakyat Indonesia,” tekan dia.

Prabowo menambahkan, dunia sudah berubah. Jika Indonesia ingin bertahan dan menjadi negara makmur sejahtera, seluruh elite harus bersatu dan bekerja sama

"Sekali lagi, saya minta maaf kalau ada kata-kata kami maupun perbuatan yang kurang pantas. Yang penting sekarang bekerja untuk rakyat,” tukas Prabowo.

Usai acara tersebut, Prabowo-Gibran tidak menggelar perayaan khusus. Sebaliknya, mereka langsung kerja konkrit. Prabowo mulai membangun koalisi besar dengan bersilaturahmi ke PKB.

Prabowo tiba di Kantor PKB pukul 13.50 WIB. Kehadiran Ketua Umum Gerindra itu disambut hangat oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Mereka kemudian saling bersalaman dan berpelukan. Setelah itu, Prabowo dan Cak Imin yang didampingi sejumlah elite Gerindra dan PKB, langsung masuk ke ruang pertemuan, dan melakukan pembicaraan tertutup.

Mereka berbincang selama sekitar satu jam. Keduanya membicarakan dukungan dan kerja sama untuk pembangunan Indonesia di masa yang akan datang.

Prabowo mengatakan, PKB ingin terus bekerja sama untuk mengabdi kepada negara demi kepentingan rakyat Indonesia. "Kita ingin terus bekerja sama,” ujarnya.

Sementara, Gibran langsung blusukan ke Rumah Susun Sewa Sederhana Muara Baru, Jakarta Utara. Gibran tiba di lokasi sekitar pukul 13.20 WIB. Kedatangan Gibran disambut riuh warga. Gibran pun membagikan susu kepada anak-anak.

Sore harinya, Gibran pun bertemu dengan Wapres Ma’ruf Amin. Gibran mengaku, mendapatkan wejangan dari Ma'ruf soal sinergi antara Wapres dan Presiden.

Bertemu Jokowi

Malam harinya, Prabowo-Gibran diundang Presiden Jokowi untuk makan malam di Istana. Keduanya berangkat bersama dari rumah Prabowo Pukul 19.16 WIB dan tiba di Istana pukul 19.30 WIB. Prabowo-Gibran kompak mengenakan batik bernuansa coklat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo