TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pilwalkot Depok, PKS Lawan Enam Partai Koalisi

Oleh: Farhan
Jumat, 10 Mei 2024 | 10:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

DEPOK - Enam partai politik (parpol); Partai Gerindra, PDIP, PKB, PPP, Partai Demokrat, PAN, sepakat menjajaki koalisi menghadapi kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Depok 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini ‘menguasai’ Kota Depok, Jawa Barat makin berat bertahan.
KEENAM parpol di Kota Depok itu membentuk kongsi yang disebut Koalisi Sama Sama. Koalisi SS ini dideklarasikan di The Margo Hotel, Margonda, Depok, pada Rabu (8/5/24). Koalisi SS mendukung Supian Suri (SS), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok sekarang, untuk menjadi calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024.
PKS sendiri sudah menjalinKomunikasi dengan Partai Golkar dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Bahkan, PKS dan Golkar sudah sepakatmengusung Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq (Imam-Ririn) se­bagai calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Depok 2024.
Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Depok, Nuroji mengatakan, terbentuknya Koalisi SS karena mempunyai kesamaan visi-misi. Bahwa, Kota Depok perlu perubahan pemimpin.
Menurut Nuroji, selama ini Kota Depok stagnan. Sehingga, kata dia, banyak harapan dari masyarakat kepada parpol untuk memilih pemimpin yang memiliki solusi.

“Kita galang koalisi ini dengan tujuan sama untuk memperbaiki Depok, terutama pemimpinnya mampu mengubah atau menye­lesaikan masalah-masalah yang ada,” jelas Nuroji dalam keterangannya, Kamis (9/5/2024).
Nuroji mengatakan, dengan terbentuknya Koalisi SS, semua pihak sepakat mencari pemimpin yang bisa mengatasi persoalan-persoalan yang ada. Dia menilai, pemimpin Depok sekarang ini kurang kreatif dan komunikatif ke provinsi atau pusat.

“Depok tidak mengalami pe­rubahan, tapi masalah yang ada malah jadi bertambah dan tidak bisa diselesaikan,” katanya.
Terkait Cawalkot Depok, Nuroji mengatakan, seluruh ang­gota Koalisi sudah sepakat untuk mengusung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri. “Semoga Supian Suri (me­nang) di Depok,” harap dia.

Ketua DPC PDI Perjuangan Depok, Hendrik Tangke Allo menambahkan, syarat untuk mengusung dan mendaftarkan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota harus 20 persen atau gabungan parpol. Enam parpol di Kota Depok, kata dia, sudah mendeklarasikan diri menjadi sebuah nama partai Koalisi Sama Sama.

“Kami tetapkan hari Rabu (8/9/2024). Jadi, kami sepakat untuk itu,” kata Hendrik
Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, Mazhab HM mengatakan, partainya jatuh hati gabung ke Koalisi Sama Sama karena aspi­rasi warga yang ingin iklim dan pola kepemimpinan ke depan harus berubah. Depok, kata dia, terutama Jalan Raya Sawangan dan Raya Muchtar harus bebas dari macet.
“Pemimpin yang diusung akan mampu membebaskan semua itu, sehingga tidak lagi macet yang sudah berpuluh-puluh tahun,” ujarnya.
Menurut Mazhab, sebagian besar warga Depok ingin melakukan penataan-penataan yang jauh lebih baik dari saat ini. “Kita harus mewujudkan keingi­nan warga Depok,” ujarnya

Sedangkan, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus menilai, Depok perlu mengusung konsep perubahan agar nyaman dan aman bagi warga. Misalnya, kata dia, perso­alan sampah, transportasi dan kes­ejahteraan mesti ada perbaikan.

“Perlu ada satu pimpinan yang punya suatu konsep, kalau tidak ini menjadi persoalan,” kritik Edi.
Menurut Edi, pertumbuhan pembangunan cukup besar di Depok seperti pembangunan jalan tol dan investasi di sektor properti. “Kalau ini tidak ditata dengan baik akan menjadi perso­alan,” kata Edi mengingatkan.
Terpisah, Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) bersyukur dengan berlabuhnya Partai NasDem dan Golkar un­tuk membantu mengusungnya bertarung dalam kontestasi lima tahunan di Depok.
“Alhamdulillah saya bersyukur NasDem mau gabung di koalisi kami, Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq (Imam-Ririn), berarti sudah ada 21 kursi,” kata Imam dalam keterangannya, Kamis (9/5/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo