TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Merah Putih Berkibar di Setu Tujuh Muara, GANESPA : Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Laporan: Mg-1/RMN
Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:33 WIB
Merah Putih Berkibar di Setu Tujuh Muara. (tangselpos.id/mg-1)
Merah Putih Berkibar di Setu Tujuh Muara. (tangselpos.id/mg-1)

PAMULANG, Organisasi Kepemudaan (OKP) Gugusan Alam Nalar Ekosistem Sosial Pemuda Aktif (GANESPA) bersama seluruh elemen masyarakat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/08/2022).

Prosesi upacara digelar tak seperti biasanya. Tepat di Hari Kemerdekaan ini, Sang Saka Merah Putih dikibarkan di tengah Situ Tujuh Muara, Pamulang, Tangerang Selatan.

Ketua Umum GANESPA, Andi Hartanto menjelaskan, kegiatan upacara mengapung merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh GANESPA sebagai bentuk kampanye kepedulian terhadap lingkungan.

“Kita ingin menyadarkan seluruh elemen masyarakat bahwa setu ini adalah sumber resapan air yang harus dijaga dan dilestarikan,” kata Andi.

Prosesi upacara yang berjalan begitu khidmat ini, diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Siswa Pecinta Alam (SISPALA), Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA), dan elemen-elemen masyarakat lainnya.

“Peserta yang hadir yang turun ke lokasi tadi sekitar 100 karena kita menyiapkan pelampung memang 100, nah sisanya itu di darat, upacara tergabung dari temen-temen sispala, mapala, sama seluruh elemen masyarakat pun kita hadirkan di sini,” tambahnya.

Andi menyatakan, upacara yang dilakukan juga merupakan bentuk protes terhadap pemerintah yang dinilainya masih belum maksimal dalam memperhatikan lingkungan di Kota Tangerang Selatan, khususnya situ yang dianggap Andi sebagai ikon dari Kota Tangerang Selatan.

“Kita perlu kejelasan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat, harus sepeti apa pengelolaan setu di tangerang selatan ini, kalau ga ada kewenangan hukum di sini, setu ini malah akan habis lama-lama, banyak yang penyerobotan lahan tapi pihak pemerintah tidak menggubris itu, banyak yang membuka cafe di garis sepadan pun pemerintah tidak ada geraknya, jadi kita mohon pemerintah sekali lagi agar peduli terhadap setu-setu yang ada di Kota Tangerang Selatan, khususnya Situ Tujuh Muara,” ujarnya.

Meski begitu, para peserta pun antusias dalam melaksanakan upacara dengan cara mengapung di air. Hal ini dinilai sebagai suatu hal yang baru dan unik dalam melaksanakan upacara.

“Seru, pertama pengalamannya dapet, terus juga menumbuhkan jiwa nasionalisme di pecinta alam ini, sekalian memeriahkan kemerdekaan Indonesia dengan cara ini,” ucap Marlin sebagai salah satu peserta saat diwawancara.

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan ajang para pecinta alam di Tangerang Selatan untuk bersilaturahmi. Terlebih, kegiatan ini sudah diselenggarakan oleh GANESPA sejak 2011, walaupun beberapa tahun terakhir tidak dapat dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Tak hanya upacara saja, acara ini juga dimeriahkan dengan lomba-lomba yang diselenggarakan seperti lomba mewarnai untuk anak-anak, dan lomba membuat rujak untuk ibu-ibu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo