TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PKS & Gerindra Wujudkan Koalisi Linear

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 04 Juli 2024 | 07:15 WIB
Suasa pertemuan pimpina PKS Tangsel dengan Gerindra Tangsel jelang Pilkada Kota Tangsel.(dra)
Suasa pertemuan pimpina PKS Tangsel dengan Gerindra Tangsel jelang Pilkada Kota Tangsel.(dra)

SERPONG-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra Kota Tangsel makin memperkuat komunikasi politiknya. Bahkan kedua partai ini dikabarkan akan membangun koalisi di Pilkada Tangsel 2024 untuk menantang pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichan.

Belum lama ini, para petinggi dari kedua partai tersebut mengadakan pertemuan guna membahas koalisi untuk Pilkada Tangsel.

Ketua Desk Pilkada DPD PKS Kota Tangsel, Jokori mengatakan, pertemuan kedua pimpinan partai itu tidak terlepas dari terbentuknya Koalisi Banten Maju di tingkat Provinsi Banten untuk pemilihan gubernur (Pilgub) 2024.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Koalisi Banten Maju terdiri dari tujuh partai di antaranya Gerindra, PKS, NasDem, PKB, PPP, PSI, dan PAN.

Tujuh partai menyatakan dukungan kepada Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai pasangan bakal calon Gubernur Banten 2024.

Jokori menyebut, dengan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang akan dilakukan secara serentak antara Provinsi dan Kota, maka koalisi partai pun dinilai harus terbentuk secara linear.

“Dengan pelaksanaannya yang serentak, Pilkada kali ini mau tidak mau juga harus mengikuti perkembangan Pilgub di Banten. Kemarin kita dengan Gerindra Tangsel melalui sekretaris sudah ada silaturahmi,” ujarnya.

Jokori mengungkapkan, meski kedua pimpinan partai telah sepakat untuk membangun koalisi, namun belum ada penentuan siapa sosok yang akan diusung untuk menantang petahana.

“Itu (sosok yang akan diusung, red) nanti menjadi salah satu pembahasan di pertemuan selanjutnya, tapi memang terdapat beberapa figur yang sudah menjadi pertimbangan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil perolehan kursi DPRD Tangsel pada Pemilu 2024, PKS tercatat berhasil mendapatkan 9 kursi, sementara Gerindra memperoleh 6 kursi.

Koalisi antara kedua partai tersebut telah memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel.

Kendati demikian, Jokori menerangkan, pihaknya akan tetap menjalin komunikasi dengan partai lain yang ada di Tangsel, khususnya yang telah tergabung dalam Koalisi Banten Maju.

“Insya Allah kita akan coba seperti itu, karena kita juga tidak tau bagaimana dinamika di masing-masing partai, apakah garis lurus dengan Banten atau tidak,” ujarnya.

Sekretaris DPC Gerindra Kota Tangsel, Yudi Budi Wibowo membenarkan adanya pertemuan antara pihaknya dengan pimpinan PKS di Tangsel.

Pertemuan itu sebagai upaya membangun koalisi yang linear di Pilkada 2024 baik di tingkat provinsi maupun tingkat kota.

“Kita coba untuk bersinergi dan mensolidkan di Tangsel. Kesepakatan di kita, akan melakukan silaturahmi antar partai-partai pengusung calon Gubernur,” ucapnya.

Yudi mengatakan, PKS dan Gerindra tentu sangat besar peluang koalisi untuk Pilkada Kota Tangsel. Agar koalisinya linear dengan Pilgub Banten.

“Kita akan sosialisasi dan kita akan membuat rencana pertemuan dengan beberapa partai yang ada. Kita semua berharap koalisinya linear sampai Tangsel. Karena tidak enak kalau gak linear. Masa di sana kampanyein siapa di sini kampanyein siapa,” pungkasnya.

Dahlan Iskan
Pos Sebelumnya:
Daging Babi
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo