TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Pemulihan Kian Nyata

Wow Keren, Bulan Ini, Bandara Soekarno-Hatta Jadi Yang Tersibuk Di ASEAN

Laporan: AY
Selasa, 20 September 2022 | 08:44 WIB
Terminal III Bandara Soekarno Hatta. (Ist)
Terminal III Bandara Soekarno Hatta. (Ist)

JAKARTA - Bandara Soekarno Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) dinobatkan sebagai bandara tersibuk di ASEAN pada bulan ini, menurut Flight Data Report September 2022.

Saat ini, kapasitas kursi penerbangan Bandara Soekarno-Hatta dilaporkan mencapai angka 2,96 juta. Terbanyak di antara bandara-bandara di ASEAN.

Diikuti oleh Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City Vietnam (2,09 juta) dan Bandara Changi Singapura (2,08 juta).

Dari total angka 2,96 juta, sebanyak 600.248 kursi disumbang oleh rute Jakarta-Denpasar. Rute ini masuk ke dalam peringkat 9 Top 10 Rute Domestik Tersibuk di dunia pada September 2022.

Terkait hal tersebut, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno Hatta telah cukup signifikan. Terutama, dalam mengantisipasi adanya peningkatan penerbangan, untuk memastikan kelancaran operasional.

"Rute-rute yang sempat ditutup, berangsur angsur mulai dioperasikan kembali. Tingkat pemulihan (recovery rate) penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 80 persen. Artinya, lalu lintas penerbangan saat ini sudah mencapai 80 persen dari data 2019, saat pandemi Covid belum ada," papar Awaluddin, Senin (19/9).

Seperti dilansir situs OAG.org, total kapasitas maskapai di Asia Tenggara pada bulan ini, telah mencapai 30.245.726 kursi. Rinciannya, sebanyak 21.818.047 kursi berasal dari maskapai penerbangan domestik. Sedangkan 8.427.679 kursi sisanya, berasal dari maskapai internasional.

Indonesia memiliki pasar udara terbesar di Asia Tenggara, dengan 9,6 juta kursi pada September 2022. Masih kurang 24 persen, dibanding saat sebelum pandemi pada September 2019.

Vietnam menjadi negara yang paling pulih di Asia Tenggara, dengan kapasitas maskapai nyaris menyamai data September 2019. Atau hanya kurang 7 persen.

Vietnam juga merupakan pasar udara terbesar kedua di Asia Tenggara, dengan 6 juta kursi.

Rute utama Vietnam, Hanoi dan Ho Chi Minh, merupakan rute domestik tersibuk di Asia Tenggara. Dan merupakan rute udara tersibuk ketiga di dunia bulan ini.

Delapan dari 10 Rute Domestik Tersibuk Asia Tenggara berasal dari Vietnam atau Indonesia. Sisanya, satu rute di Filipina (Cebu-Manila) dan satu di Thailand (Phuket-Bangkok Suvarnabhumi).

Enam dari 10 rute internasional tersibuk di Asia Tenggara, mengawali atau mengakhiri perjalanan di Singapura. Ini mencerminkan cukup tingginya tingkat pemulihan di Negeri Merlion.

Empat rute lainnya yang masuk 10 besar, mengawali perjalanan dari Bangkok, Jakarta, dan Denpasar. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo