TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemerintah, Swasta & Semua Pihak Saling Support

Untuk Negeri, Memberi Yang Terbaik, Tak Pernah Berhenti

Laporan: AY
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 09:57 WIB
Penerima Rakyat Merdeka Award 2022. (Ist)
Penerima Rakyat Merdeka Award 2022. (Ist)

JAKARTA - Rakyat Merdeka Award untuk Indonesia Pulih dan Bangkit diberikan kepada sejumlah tokoh hebat yang berkontribusi besar, kerja keras, berjuang dan mendedikasikan diri menghandel masa sulit pandemi, dalam berbagai perannya masing-masing.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Darmawan Junaidi menerima penghargaan sebagai Tokoh Transformasi Digital Banking. Bank Mandiri selama pandemi memang sangat agresif melakukan digitalisasi.

Teknologi digital dikedepankan sebagai competitive advantages. Super App Livin Mandiri, diluncurkan pada saat pandemi, yaitu Oktober 2021. Sudah di-download sekitar 15 jutaan orang dan mampu mengeksekusi hingga 21 ribu transaksi perdetik.

Dalam setahun, transaksi melalui aplikasi ini, tumbuh dua kali lipatnya. Super App Livin, dinilai sebagai beyond banking. Ti­dak hanya fitur perbankan, tapi juga untuk gaya hidup.

Transformasi di Bank Mandiri juga dilakukan melalui layanan digital 241 smart branch di seluruh Indonesia. Kinerja PT Bank Mandiri Tbk sampai Juli 2022 terus menguat. Total laba bersih perseroan secara bank only hingga Juli 2022 mencapai Rp 21,69 triliun. Bandingkan pada periode yang sama tahun lalu Rp13,33 triliun.

Selama pandemi, bisnis penerbangan terdampak berat. Namun pengembangan bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I tetap berlangsung. Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi adalah Tokoh Pengembangan Inovasi dan Teknologi Bandara.

Selama krisis, Faik Fahmi tetap agresif membangun dan mengembangkan sejumlah bandara baru di kawasan Indonesia Timur, dengan menerapkan teknologi canggih.

Juga dipercantik dengan kearifan lokal. Beberapa diantaranya dikembangkan untuk menampung lebih banyak penumpang, menghindari lack of capacity.

Bandara baru yang dibangun Angkasa Pura I yakni di Kulon Progo, yaitu Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). Kemudian, terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Terminal Baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Lalu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, serta beberapa pengembangan bandara lainnya seperti Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

Kini, setelah pandemi mereda, berkah pengembangan bandara-bandara baru mulai terasa. Pergerakan penumpang dengan cepat naik dan sudah diantisipasi.

Selain itu, ada teknologi Airport Operations Control Center (AOCC), virtual customer service, boarding pass scanner, dan thermal scanner. Sehingga bisa mengurangi penyebaran Covid-19 di airport. Dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang.

Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah menerima penghargaan sebagai Tokoh Pengembangan Akses Digital Ke Pelosok Negeri. Selama pandemi, Telkom tetap bekerja keras dan menghadirkan berbagai infrastruktur teknologi.

Yaitu 171.654-kilometer kabel fiber optic yang membentang di sepanjang Nusantara dan 255.107 Base Trasceiver Station (BTS), yang melayani 8,9 juta pelanggan IndiHome dan 169,7 juta pelanggan Telkomsel.

Untuk daerah terpencil dan yang berada di kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), Telkom menyediakan layanan kolaborasi IndiHome dan Telkomsel yang dikenal dengan brand Orbit, demi memastikan masyarakat seluruh Indonesia hingga pelosok bisa mengakses layanan digital, yang akan berdampak pada kesejahteraan sosial kehidupannya. Di daerah pelosok, Telkom sudah melayani kebutuhan pita lebar dengan penggelaran 8.309 km kabel fiber optic, untuk 215 ribu pelanggan.

Telkom juga berhasil menjaga perseroan tumbuh positif dan mempertahankan profit perusahaan di tengah pandemi Covid-19. Pada paruh pertama 2022, Telkom meraup pendapatan Rp 72 triliun atau tumbuh 3,6 persen dibanding periode sebelumnya.

Ririek dipilih sebagai Dirut Telkom pada Mei 2019. Dan setahun kemudian dianugerahi Bintang Jasa Nararya pada 13 Agustus 2020, disematkan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana.

Perbankan swasta mengalami masa jumpalitan saat pandemi. Sebelum Covid melanda, BCA menyalurkan KPR sebesar Rp2 triliunan sebulan. Namun, dihantam Covid, kredit ngedrop.

Perbankan swasta mengalami masa jumpalitan saat pandemi. Sebelum Covid melanda, BCA menyalurkan KPR sebesar Rp2 triliunan sebulan. Namun, dihantam Covid, kredit ngedrop hanya Rp 90 miliar sebulan.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja berpikir keras bagaimana caranya tetap tumbuh, sekaligus membantu perekonomian rakyat. Perusahaan didorong untuk mencoba hal baru, yaitu digitalisasi.

BCA lalu menyelenggarakan pameran properti dan kendaraan secara virtual dan hybrid, serta digital payment. BCA juga gencar mengedukasi pelaku usaha dan masyarakat agar beralih ke layanan digital. Upaya Jahja Setiaatmadja berbuah.

Hasil gelaran KPR BCA Online Expo 2021 mulai Januari hingga Juli 2021, sukses menyalurkan kredit Rp 15 triliun. Hingga akhir Agustus 2021, BCA bahkan sudah mampu mencapai penyaluran Rp 20,5 triliun. Rakyat Merdeka Award Untuk Indonesia Pulih dan Bangkit memberikan penghargaan sebagai Bankir Penyelamat Usaha Kecil Saat Pandemi untuk Jahja Setiaatmadja.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi adalah Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah. BSI adalah gabungan dari tiga bank syariah milik BUMN, yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah. Merger di saat pandemi. Di usia yang belum dua tahun, BSI sudah berhasil tumbuh dan bercita-cita masuk Top 10 bank syariah dunia dalam tiga tahun mendatang.

Saat ini, di Indonesia ada 107 bank konvensional. Dari kepemilikan aset, BSI berada di ranking ke 7, yaitu sebesar Rp 270 triliun.

Sedangkan jumlah nasabahnya berada di urutan 5 dan 6 nasional, dengan total mencapai 20 juta nasabah. Dengan posisi seperti itu, Hery yakin, tak lama lagi, BSI akan masuk jadi Top 5 atau lima besar perbankan nasional. Semester pertama tahun ini, BSI menghasilkan laba bersih Rp 2,13 triliun. Tumbuh 41 persen dibanding tahun lalu.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim adalah Tokoh Pemulihan dan Transformasi Industri Baja Nasional. Dua tahun terakhir, atau selama pandemi, Krakatau Steel justru menunjukkan kinerja yang menggembirakan. Setelah delapan tahun sebelumnya, Krakatau dicap sebagai perusahaan sekarat atau hampir mati.

Silmy memang dikenal sebagai dokter spesialis BUMN sakit. Di saat pandemi, Krakatau Steel mengantongi investasi senilai 3,5 miliar dolar AS atau setara Rp 52 triliun dari Pohang Iron and Steel Company (Posco), Korea. Sehingga berhasil menjaga industri baja nasional tetap hidup, bahkan bangkit kembali.

Selama masa pandemi, situasi politik, sosial dan keamanan tergolong stabil. Padahal di beberapa negara, krisis kesehatan dan ekonomi telah menimbulkan gejolak dan kerawanan.

Salah satunya, upaya penangkalan ajaran radikalisme berbungkus isu-isu anti vaksin, dan sebagainya, yang menjadi area kerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kepala BNPT RI Komjen Boy Rafli Amar adalah Tokoh Penanggulangan Radikalisme Dan Terorisme, yang aktif bekerja meluncurkan berbagai program anti radikalisme di masa pandemi.

Selama Covid melanda, paham radikalisme dan terorisme sebetulnya tumbuh subur. Bak virus Corona, penyebarannya pun kian masif, terutama lewat media sosial. Menangani virus radikalisme dan terorisme, Boy Rafli menyiapkan 4 vaksin. Yaitu konsensus kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, moderasi beragama, dan penguatan budaya Nusantara. Selain itu, ada langkah inovatif yaitu program deradikalisasi berbasis kesejahteraan.

Namanya Kawasan Terpadu Nusantara (KTN). Para mantan napiter yang selesai menjalani masa hukuman, dapat bergabung dengan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, termasuk para keluarganya. Dan berkegiatan di kawasan ekonomi inti, kawasan penyangga dan kawasan plasma kemitraan, di beberapa daerah di Indonesia.

Rakyat Merdeka Award kategori khusus diberikan kepada dua profesor hebat. Yaitu Prof KH Nasaruddin Umar dan Prof Tjandra Yoga Aditama. Keduanya hadir dan menerima penghargaan di Hotel Indonesia Kempinski, pada Rabu (28/9/2022).

Prof Nasaruddin Umar adalah Tokoh Pemersatu dan Penyejuk Bangsa. Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta itu sangat aktif menulis, dan ada kolom khususnya di Rakyat Merdeka. 

Filosopi dasar setiap tulisannya, menyerukan persatuan. Menghimpun yang berserakan, menyatukan yang berbeda, mempersamakan yang berkonflik dan selalu mencari titik temu. Biasanya, Prof Nasar menulis tengah malam. Usai tajahud.

Dalam suasana batin yang bersih, sehingga memberinya banyak inspirasi. Dalam lima tahun terakhir, tak kurang ada 6 ribu artikel telah ditulis Prof Nasaruddin, termasuk yang ditayangkan Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group).

Prof Tjandra Yoga Aditama adalah Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat. Selama pandemi, Prof Tjandra memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui artikel yang ditulisnya hampir setiap hari.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini tidak lelah mengajak dan mengingatkan masyarakat mengenai bahaya Covid. Banyak pandangan, data, analisa science termasuk tips untuk masyarakat agar terhindar dari Covid. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo