TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

RELIJIUCITY

Indeks

Dewan Pers

Dukung Program Cashless, 9,8 Juta Tiket Whoosh Terjual via Online

Reporter: Farhan
Editor: AY
Minggu, 12 Oktober 2025 | 13:05 WIB
Antrian penumpang Whoosh. Foto : Ist
Antrian penumpang Whoosh. Foto : Ist

JAKARTA - Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mendukung program Pemerintah dalam mendorong transaksi non-tunai atau cashless society. 

 

Sejak beroperasi secara komersial pada Oktober 2023 hingga September 2025, tercatat sebanyak 9,8 juta tiket Whoosh telah dibeli secara online melalui berbagai kanal digital resmi.

 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, transaksi online merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan transportasi modern, efisien, dan sejalan dengan agenda digitalisasi nasional.

 

Melalui pembelian tiket secara online, penumpang tidak hanya merasakan kemudahan dan efisiensi, tetapi juga turut mendukung upaya pemerintah dalam memperluas ekosistem transaksi digital atau cashless," ujar Eva, dalam keterangan tertulis, Minggu (12/10/2025).

 

Masyarakat dapat membeli tiket Whoosh melalui sejumlah kanal resmi seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, serta Traveloka.

 

Pembelian tiket secara online bisa dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, dengan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank, kartu debit dan kredit, maupun dompet digital.

 

Setiap transaksi online akan langsung menerbitkan Tiket QR yang dapat digunakan saat boarding tanpa perlu dicetak ulang di mesin tiket atau loket. Penumpang cukup membuka Tiket QR di smartphone, memindainya di gate, dan gate akan terbuka otomatis. Dengan sistem ini, penumpang tak perlu khawatir kehilangan tiket fisik karena seluruh data perjalanan tersimpan aman secara digital.

 

Eva menambahkan, KCIC berkomitmen untuk terus memperluas transformasi digital di seluruh aspek layanan agar perjalanan dengan Whoosh semakin cepat, nyaman dan berkelanjutan.

 

"Kami mengajak masyarakat untuk semakin memanfaatkan pembelian tiket secara online dan bertransaksi secara non-tunai. Selain lebih praktis, cara ini juga menjadi bentuk dukungan nyata terhadap program pemerintah menuju masyarakat cashless," tutup Eva.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
RM ID
Banpos
Satelit