TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Targetkan Air Surut 6 Jam

Anies Kerahkan Truk Damkar Untuk Sedot Banjir

Laporan: AY
Selasa, 11 Oktober 2022 | 16:22 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengerahkan truk pemadam kebakaran (damkar) untuk memompa banjir di Ibu Kota agar surut sebelum 6 jam.

"Apa yang dikerahkan? Pompa 'mobile' (portabel), truk damkar, pompa penyiraman air tangki sudah dikerahkan. Sehingga ketika hujan, tim sudah di lokasi," kata Anies saat ditemui di MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (11/10).

Anies menyebutkan pengerahan kendaraan ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah jika volume air hujan meluap dan menyebabkan banjir.

Menurutnya, cuaca hujan yang menghasilkan volume air lebih bukanlah hal yang buruk lantaran akan menjadi genangan sehingga terjadi banjir.

Ia memberikan gambaran, sebagai daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung, ketika curah hujan di kawasan hulu tinggi maka kapasitas sungai melebihi batasnya.

Saya mendengar dari pak Wali Kota air, kurang dari enam jam surut semua. Itulah manajemen pengelolaan banjir," katanya. 

Oleh karena itu, Anies menegaskan bahwa masyarakat untuk tidak perlu khawatir saat ditemukan genangan air, lantaran itu bisa saja diakibatkan volume air hujan yang saat itu tinggi.

Terlebih, menurut Anies jumlah curah air hujan setiap harinya merupakan di luar kuasa manusia, namun terkait manajemen tentu menjadi tanggung jawab pemerintah.

"Jadi, kita tidak khawatir dengan foto-foto genangan itu. Yang kita khawatir kalau genangan berhari-hari, baru kami khawatir, itu manajemen nggak betul," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 68 RT di wilayah DKI Jakarta tercatat telah terdampak banjir akibat luapan Kali Ciliwung, pada Senin (10/10) pagi.

Lokasi-lokasi terdampak banjir tersebut, di antaranya meliputi Kelurahan Pejaten Timur, Kelurahan Pengadegan, Kelurahan Rawajati, Kelurahan Kebon Baru, Kelurahan Manggarai, Cililitan, Kelurahan Cawang Kelurahan Bidara Cina dan juga Kampung Melayu. (AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo