TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Demokrat Usul AHY, PKS Usul Aher

Koalisi Anies Makin Rumit

Laporan: AY
Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:21 WIB
Jubir PKS Muhammad Kholid. (Ist)
Jubir PKS Muhammad Kholid. (Ist)

JAKARTA - NasDem, PKS dan Demokrat yang digadang-gadang akan jadi kendaraan Anies Baswedan, tidak mudah duduk di “satu pelaminan”. Penyebabnya, karena belum deal siapa yang akan mendampingi Anies sebagai “pengantinnya”.

Demokrat yang dari awal nyodorin ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, harus tarik napas dalam-dalam, soalnya kini PKS juga punya jagoan sendiri. PKS hampir resmi akan menyodorkan Ahmad Heryawan alias Aher sebagai cawapres. Nah lho, makin rumit kan...

Dalam diskusi KedaiKOPI di Jakarta Pusat, Minggu (23/10), Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan, partainya mengantongi lima nama sebagai alternatif cawapres Anies.

Mereka adalah Aher, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman. Setelah dijaring, Aher yang paling berpotensi disodorkan menjadi cawapres Anies.

“Dari diskusi antarpimpinan, nama Ahmad Heryawan yang terkuat untuk diajukan dari PKS sebagai alternatif pilihan di tim kecil,” beber Kholid.

Namun, Kholid memastikan usulan nama Aher belum jadi keputusan final. Sebab, PKS masih akan membahasnya bersama NasDem dan Demokrat. Saat ini, tim kecil masih berfokus membahas kriteria dan mekanisme pemilihan Cawapres.

Dia menyebut, ketiga partai berhak mengajukan nama dan kandidat masing-masing, mengingat calon koalisi ini menjunjung tinggi equal partnership.

Mendengar PKS gerak cepat menjual Aher sebagai cawapres Anies, Demokrat buka suara. Kata Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, partainya juga punya aspirasi sendiri terkait kandidat yang cocok mendampingi Anies. Aspirasi itu mengerucut kepada AHY.

“Kalau kader, tetap ada harapan Mas AHY bisa maju Pilpres. Namun, forum rapimnas menyerahkan pada ketum. Kalau kami mekanisme AD/ART soal capres cawapres ditentukan majelis partai,” jelas Herzaky.

Namun, Herzaky menghormati, dan mengapresiasi jika PKS mengusulkan Aher. Diakuinya, partai calon mitra koalisi memang punya mekanisme internal masing-masing kala menentukan cawapres untuk mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Yang jelas, kata dia, banyaknya usulan menandakan adanya politik sehat di dalam koalisi yang mengusung Anies sebagai capres.

“Inilah indahnya berkoalisi, indahnya hubungan kami bertiga. Saling menghormati, menjaga independensi, dan berada dalam posisi setara. Ada mutual respect, serta bisa mencapai kemenangan,” beber politisi jebolan Universitas Indonesia itu.

Kedepannya, Herzaky menyebut, keputusan akhir soal cawapres Anies akan diambil secara mufakat. Saat ini, tambah Herzaky, calon mitra koalisi masih berfokus pada pembahasan kriteria pendamping Anies.

Mengetahui capresnya jadi rebutan, NasDem ogah terburu-buru menjawab usulan PKS dan Demokrat. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal NasDem, Hermawi Taslim, partainya bersama PKS dan Demokrat terus mendiskusikan terkait siapa cawapres yang akan dipasangkan dengan Anies.

Namun, ia memastikan, cawapres mantan Rektor Universitas Paramadina itu, harus mampu mendongkrak elektabilitas.

“Kita mencari figur yang bisa menunjang elektabilitas capres, kita akan mencari orang yang bisa memperkuat posisi Anies,” tandas Taslim.

Selain itu, sosok cawapres yang akan dipilih nantinya juga harus nyambung dengan Anies. Karena itu, nantinya hal tersebut akan dibicarakan khusus.

"Saya yakin, akan ada titik temu,” tegasnya.

Apakah ada kans cawapres Anies bukan kader partai politik? Dia bilang, memungkinkan. Cawapres tidak hanya dari PKS, Demokrat, bahkan juga NasDem. Koalisi dinilai akan realistis dalam melihat realitas politik nantinya. Namun, ia memastikan, akan ada kesepakatan yang diambil di dalam koalisi nantinya.

“Ada beberapa kemungkinan bisa sepakat deklarasi capres dulu, bisa deklarasi presiden dengan wakil presiden kita rembukan sama-sama, pokoknya bikin rakyat happy, bikin rakyat terdidik, dan bikin rakyat maju,” tegasnya.

Lalu apa kata pengamat? Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis, Agung Baskoro menyayangkan sikap PKS dan Demokrat yang saling berebut menjadi jodoh Anies.

"Dimajukannya Aher oleh PKS, membuktikan bahwa deadlock di koalisi NasDem, PKS dan Demokrat, terkait siapa Cawapres yang tepat bagi Anies,” imbuh Agung, saat dikontak Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group), kemarin.

Lebih lanjut, dia menyarankan PKS menarik usulan Aher menjadi cawapres Anies. Pasalnya, kekuatan personal Anies dan Aher beririsan. Baik dari segi ideologi dan basis massa.

“Cawapres Anies haruslah sosok yang bisa memastikan pemilih NU dan basis di Jawa Tengah, Jawa Timur, Indonesia Tengah/Timur turut mendukungnya. Menimbang Anies selama ini dipersepsikan kuat di basis Islam perkotaan dan pemilih di DKI, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera,” tukas dia.

Sebelumnya, Anies membeberkan tiga kriteria figur Cawapres. “Satu, memberikan kontribusi dalam kemenangan. Kedua, membantu memperkuat koalisi, stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif,” papar Anies.

Namun, ia tak mau terburu-buru menentukan pilihan. Anies merasa masih banyak waktu sebelum KPU membuka pendaftaran pasangan calon (paslon) capres-cawapres 19 Oktober 2023.

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/nasional/145727/demokrat-usul-ahy-pks-usul-aher-koalisi-anies-makin-rumit

Ganjar Pranowo saat berada di Gedung PDIP Jalan Diponegoro 58 Jakarta Pusat. (Ist)
Pos Sebelumnya:
Didisiplinkan Banteng
Pos Berikutnya:
Kang Emil Minta Maaf
Ridwan Kamil saat konferensi pers terkait proyek infrastruktur di Jawa Barat yang sepi. (Ist)
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo