TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peringati World Stroke Day Rumah Sakit Premier Bintaro gelar Seminar Awam dan Jalan Santai

Oleh: RLS
Senin, 31 Oktober 2022 | 16:10 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

PONDOK AREN, Rumah Sakit Premier Bintaro sebagai salah satu rumah sakit terkemuka di Tangerang Selatan dalam rangka memperingati hari stroke sedunia mengadakan acara jalan santai 4 km “Move For Stroke” dan seminar awam dengan mengusung tema “Mengenal Stroke, Pencegahan dan Pengobatannya” di gedung Annex lt.5 pembicara dr. Meidianie Camellia Sp.S dari Rumah Sakit Premier Bintaro pada (30/10/2022), peserta kurang lebih 100 orang dari pelanggan Rumah Sakit Premier Bintaro dan warga Bintaro dan sekitarnya, jelas drg. Kencana Widya, MARS selaku manager marketing Rumah Sakit Premier Bintaro.

Drg Widya menambahkan, acara di awali dengan jalan santai sepanjang 4 km start dari Rumah Sakit Premier Bintaro menuju klaster kebayoran kemudian kembali ke Rumah Sakit Premier Bintaro, dilanjutkan acara inti seminar awam pembicara dr. Meidianie Camellia, Sp.S dokter spesialis saraf Rumah Sakit Premier Bintaro tema “mengenal stroke, pencegahan, dan pengobatannya”, testimoni pasien yang menggunakan layanan “Stroke Center Rumah Sakit Premier Bintaro” dan diakhiri dengan foto bersama nara sumber, peserta dan panitia.

Tujuan acara ini pertama untuk menyemarakkan world stroke day atau hari stroke sedunia kita peringati 30 oktober, kedua mengenalkan kepada peserta salah satu layanan unggulan di Rumah Sakit Premier Bintaro yaitu “ stroke center ”, ketiga mengedukasi masyarakat mengenai stroke ini karena stroke ini tidak hanya di derita oleh orang usia lanjut tapi anak muda juga ada yang kena stroke karena pola hidup yang kurang sehat, kurang olah raga, makanan dengan prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati. Papar drg widya.

Sementara itu dr. Meidianie Camellia, Sp.S dalam paparannya mengatakan pencegahan stroke di bagi menjadi dua yaitu pencegahan primer dan pencegahan sekunder pencegahan primer kepada orang yang belum pernah menderita stroke dan pencegahan sekunder pada pasien stroke, agar tidak menderita stroke berulang.

Pencegahan stroke primer dengan menggunakan program CERDIK dari Kemenkes RI yaitu Cek kesehatan, Enyahkan rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, Kelola stress. Sedangkan pencegahan sekunder stroke pencegahan non farmakologis dengan CERDIK dan pencegahan dengan farmakologis yang terdiri dari obat antiplatelet, obat antihipertensi, obat antidabetik, obat kolesterol dan obat antiaritma.

“Stroke merupakan penyakit dengan angka kematian dan kecacatan tinggi, terdapat faktor resiko penyebab stroke: usia, jenis kelamin, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, kurangnya aktifitas fisik, obesitas, jika menemukan gejala stroke segera ke rumah sakit, jika terjadi sumbatan, maka waktu emas untuk dilakukan tindakan trombolitik adalah kurang dari 4,5 jam” jelas Dokter Meidi

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo