TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar Harap Masjid Sheikh Zayed Solo Jadi Pusat Kajian Ilmu-Penyebar Toleransi

Laporan: AY
Senin, 14 November 2022 | 14:38 WIB
Masjid Sheikh Zayed yang baru saja di resmikan Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab Mohamed Bin Zayed pada Senin (14/11). (Ist)
Masjid Sheikh Zayed yang baru saja di resmikan Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab Mohamed Bin Zayed pada Senin (14/11). (Ist)

SOLO - Masjid Sheikh Zayed yang berlokasi di Jalan Ahmadi Yani, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed Bin Zayed pada Senin (14/11) pagi.

Masjid yang memiliki luas 8.000 meter persegi itu memiliki warna bernuansa putih dan emas. Masjid ini juga merupakan replika dari Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Masjid Sheikh Zayed adalah hadiah dari Mohamed Bin Zayed untuk Jokowi, yang dapat menampung 10 ribu jemaah. Dengan demikian, masjid ini menjadi masjid terbesar di Kota Solo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut mendampingi Jokowi saat peresmian, menyampaikan kekagumannya pada arsitkektur megah masjid tersebut. Fasilitas di dalamnya pun lengkap seperti ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi hingga basement.

Dengan segala kemodernannya, Ganjar berharap Masjid Sheikh Zayed ke depannya dapat menjadi pusat pembelajaran, pengkajian dan hal-hal yang bersifat menciptakan moderasi beragama. 

"Saya berharap masjid ini menjadi pusat untuk memoderasi segalanya, sehingga masjid ini bisa menjadi center of excellent. Masyarakat berdiskusi, membedah sesuatu," kata Ganjar usai peresmian.

Tak hanya itu, dengan daya tampungnya yang mencapai 10 ribu jemaah itu, diharapkan Masjid Sheikh Zayed dapat digunakan sebagai pusat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Ganjar juga mengimbau, masyarakat untuk menjaga kebersihan dan merawat Masjid Sheikh Zayed secara bersama-sama.

"Tentu saja yang terpenting fungsi utamanya sebuah masjid untuk tempat beribadah dengan kapasitasnya yang sangat banyak, mencapai 10 ribu jemaah," ucap Ganjar.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/148614/ganjar-harap-masjid-sheikh-zayed-solo-jadi-pusat-kajian-ilmupenyebar-toleransi

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo