TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ibu Iriana Dihina

Erick Geram

Laporan: AY
Minggu, 20 November 2022 | 08:34 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)

JAKARTA - Cuitan seorang warganet yang menghina Ibu Negara, Iriana Jokowi masih menjadi perbincangan di dunia maya. Meskipun kedua putra Presiden Jokowi; Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep sudah mengerem emosi, tapi masih banyak warganet yang menyampaikan kekecewaannya. Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir ikut geram dengan penghinaan terhadap Ibu Iriana tersebut.

Hingga kemarin, kata kunci Ibu Iriana maupun Ibu Negara, masih trending topik di media sosial, khususnya Twitter. Pemilik akun Twitter @KoprofilJati yang diduga membuat cuitan bernada menghina Ibu Iriana masih jadi ‘bulan-bulanan’ wargenet.

Erick Thohir selaku salah satu menteri yang memang aktif di medsos, tak ketinggalan ikut berkomentar. Lewat akun Instagram miliknya, @erikthoir, eks bos Inter Milan itu, mengingatkan kepada warga dunia maya agar jangan jadi bangsa yang tukang nyinyir.

Dalam keterangannya, Erick mengungkapkan keprihatinan atas postingan yang menurutnya tak pantas. Kata dia, Ibu Iriana adalah Ibu Negara kita.

“Tentu kita tak boleh diam, apalagi membuatnya menjadi bahan becandaan yang tidak baik. Kita jangan jadi bangsa yang nyinyir, yang kufur nikmat. Di mana budaya patriarki ini sebenarnya sudah kuno,” kata Erick.

Ia meminta masyarakat lebih bijak lagi dalam bermain media sosial terutama yang bersangkutan dengan cara bersikap kepada orang lain. Menurut Erick, menghina orang lain tidak akan membuat diri seseorang menjadi lebih baik.

"Kamu gak akan jadi keren atau makin ganteng dengan menghina orang lain karena gak sesuai standar cantik versimu,” ucapnya.

Menurutnya, kecantikan seorang perempuan itu memiliki versi masing-masing dengan bidang yang berbeda-beda.

“Saya sendiri menjadi saksi bagaimana perempuan membuat banyak karya hebat di Kementerian BUMN. Bahkan suksesnya perhelatan G20 kemarin terjadi karena banyaknya kontribusi perempuan hebat. Bagi saya, mereka semua cantik. Cantik sekali,” lanjutnya.

Erick lalu mengajak masyarakat untuk berlomba dalam prestasi. Soalnya, menurut dia, Indonesia perlu SDM yang pintar melihat peluang, bukan hanya pintar berkomentar.

Unggahan Erick ini mengomentari pernyataan eks politisi PSI Tsamara Amany yang juga geram ada warganet yang mencoba menghina Ibu Iriana. Kata dia, unggahan soal foto Ibu Iriana yang sedang bersama Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee sudah pasti ingin menghina Ibu Iriana.

Menurut Tsamara, yang lebih parah dari cuitan itu adalah si pengunggah tengah membangun asumsi soal standar kecantikan. Ia menyebut si pengunggah membangun standar bahwa cantik itu harus putih, tinggi, kulit halus hingga kurus.

“Sehingga orang yang seperti Ibu Iriana, yang memang tentu saja dari ras yang berbeda, kultur berbeda, tentu punya cara-cara berbeda dalam merepresentasikan dirinya,” katanya.

Tsamara menilai asumsi itu sesat. Menurutnya, tindakan menggeneralisir standar kecantikan harus dilawan.

“Bukan berarti Ibu Iriana tidak cantik, tapi tentu standar kecantikan tiap orang itu beda-beda. Apa yang menurut orang itu tidak cantik, bukan berarti tidak cantik di mata orang lain,” kata dia.

Unggahan soal foto Ibu Iriana ini sempat disorot putra Jokowi, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming. Kaesang mempertanyakan maksud orang tersebut memposting hal itu. Kaesang mengaku heran, tapi ia diminta ibunya untuk sabar. “Yowes aku sabar,” kicau Kaesang.

Tak hanya Kaesang, sang kakak, Gibran Rakabuming juga turut menyoroti cuitan soal Ibu Iriana.

Untuk diketahui, saat ini polisi tengah memburu pengunggah foto Ibu Iriana yang ditambahi kalimat bernada menghina.

“Sudah kita dapatkan identitasnya, saat ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut,” ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid saat dikonfirmasi, kemarin.

Menurutnya, polisi belum mau membeberkan rincian identitas terduga pelaku yang melakukan penghinaan terhadap istri Presiden Jokowi tersebut. Namun, Adi mengaku, kepolisian sudah menemukan adanya unsur pidana dalam cuitan tersebut. “Kita sudah temukan unsur pidananya,” ungkapnya.

Eks anggota DPR Akbar Faizal juga kecewa terkait penghinaan terhadap Ibu Iriana. Sebagai orang yang pernah dekat dengan Jokowi, Akbar mengaku tahu betul sepak terjang Ibu Iriana selama ini.

“Kekuasaan Presiden Indonesia banyak diwarnai campur tangan istri-istri mereka. Tak sedikit yang bahkan ‘lebih berkuasa’ dari suaminya. Ibu Negara Iriana Jokowi --dan Ibu Ainun Habibie-adalah kisah lain. Tak pernah kita dengar kisah miring tentang gaya hidupnya. Tak ada alasan untuk tidak menghormatinya,” cuitnya lewat akun @akbarfaizal68.

Akun @Apermana001 mengaku setuju dengan Akbar Faizal. “Apapun itu, Ibu Iriana1 adalah orang yang sangat bersahaja, tak pantas siapapun menghinanya,” cuitnya. “Kalau dipikir, jika ada yang merendahkan seoarang ibu, ibu siapapun, berarti kondisi moral kita sedang sakit,” timpal @h_radite. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/149475/ibu-iriana-dihina-erick-geram

Komentar:
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

09
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo