TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkot Tangsel Luncurkan Layanan SP4N Lapor

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 12 Desember 2022 | 15:49 WIB
Peluncuran layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Senin (12/12/2022). (tangselpos.id/rmn)
Peluncuran layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Senin (12/12/2022). (tangselpos.id/rmn)

CIPUTAT, Pemerintah Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Senin (12/12/2022).

Peluncuran layanan yang akan menjadi kanal pengaduan masyarakat Tangsel ini, merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan prinsip satu data daerah.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, prinsip satu data daerah merupakan upaya pemerintah untuk merumuskan kebijakan yang efektif.

"Satu data daerah akan menjadi acuan dan pedoman bagi instansi pusat dan daerah, dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data yang mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. Sehingga akan terwujud ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses. Serta dapat dibagi-pakaikan antara instansi pusat dan daerah," ujar Benyamin.

Hal tersebut, kata Benyamin, bertujuan semata-mata untuk mewujudkan pemerintah yang berkualitas.

"Salah satunya menyelenggarakan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional, pelayanan aspirasi dan pengaduan online di Tangsel," katanya.

Benyamin mengatakan, pengaduan yang masuk dalam layanan SP4N LAPOR ini nantinya dapat menjadi dasar bagi pihaknya dalam menentukan kebijakan.

"Data pengaduan akan diolah untuk menjadi dasar kebijakan kualitas pelayanan publik. Contoh lampu jalan mati, sampah, dan lainnya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai wujud akuntabilitas pemerintah," ungkapnya.

Hal senada pun turut diungkapkan Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Tb Asep Nurdin. Kehadiran portal satu data daerah ini, diharapkan dapat menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Portal satu data ke depan yang ada di Kota Tangerang Selatan juga akan menjadi sarana untuk menyimpan dan mempublikasikan data pemerintah yang bersifat terbuka dan dapat diakses dengan mudah dan dapat dibagi-pakaikan oleh instansi pusat dan daerah," tuturnya.

Guna mewujudkan prinsip satu data daerah dengan baik, pihaknya juga telah melakukan pembinaan bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangsel.

"Sehingga dapat mengelola dan menghasilkan data yang berkualitas sesuai dengan prinsip satu data Indonesia yang pada akhirnya akan mendukung statistik data nasional," terangnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo