TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Kebakaran Depo Plumpang

Suplai BBM Di Jabodetabek Dipastikan Aman, Begini Skenarionya...

Laporan: AY
Sabtu, 04 Maret 2023 | 07:53 WIB
Ilustrasi pengisian bbm di Plumpung. (Ist)
Ilustrasi pengisian bbm di Plumpung. (Ist)

JAKARTA - Kebakaran hebat terjadi di Integrated Terminal Jakarta, Plumpang pada Jumat (3/3) pukul 20.20 WIB.

Sejauh ini, Pertamina telah melakukan evakuasi terhadap pekerja dan warga di sekitar lokasi, ke area yang lebih aman.

Penanggulangan kejadian di lapangan, juga telah dilakukan agar tidak meluas. Khususnya, untuk pengamanan distribusi bbm wilayah jakarta.

Hingga kini, penyebab kejadian masih dalam proses investigasi, dan berkoordinasi dengan pihak berwenang.

Berdasarkan laporan yang diterima Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dari stafnya di lapangan pada Sabtu (4/3), Pertamina telah menyiapkan skenario RAE (Regular, Alternatif,  Emergency) terkait pengamanan pasokan BBM di wilayah Jabodetabek.

Pertamina menjamin ketersediaan BBM dengan support dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, TBBM Ujung Berung dan TBBM Balongan.

Dalam skenario RAE Plumpang, akan dialokasikan RAE dari Tanjung Gerem sebanyak 400 kilo liter (KL). Serta RAE Estafet dari Cikampek sekitar 1.000 KL. Lokasi penambahannya, masih terus dikoordinasikan.

Ada skenario Cikampek dibantu RAE dari Balongan, Cikampek dibantu RAE dari Ujungberung dan Padalarang, dan Ujungberung dibantu RAE dari Tasikmalaya.

Untuk skema alih suplai, SPBU wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Tangerang dialihkan ke Fuel Terminal (FT) Tanjung Gerem 9 unit mobil tangki (MT). 

Sementara SPBU di wilayah Depok, Bogor, Bekasi, dan Jakarta Timur dialihkan ke FT Cikampek.

Sebanyak 20 unit MT, saat ini sudah bergerak ke lokasi alih suplai untuk penyaluran 2.970 KL eks Loading Order (LO) Outstanding.

Selain itu, juga dilaporkan adanya rencana bantuan unit mobil tangki dari Tegal, untuk bantu Balongan. Balongan pasok Cikampek 200 KL.

Penambahan spot charter di Ujung Berung, Padalarang, Tanjung Gerem, dan Cikampek terus dioptimalkan, agar dapat disalurkan 16 KL (dari total 13 KL).

"Sebagian suplai masih dapat dilakukan dari Integrated Terminal Jakarta (Depot Plumpang). Kami akan berkoordinasi dengan Pertamina, untuk pengamanan suplai wilayah Jabodetabek," pungkas laporan tersebut. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo