TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Warga Cireundeu Bangga Petugas Ngider Sehat Gercep Datang

Laporan: Sudin Antoro
Jumat, 10 Maret 2023 | 07:33 WIB
Lurah Cireundeu Win Fadlianta kiri bersama pengurus lingkungan Madinah, saat warga membutuhkan layanan ngider sehat.
Lurah Cireundeu Win Fadlianta kiri bersama pengurus lingkungan Madinah, saat warga membutuhkan layanan ngider sehat.

CIPUTAT TIMUR - Masyarakat Cireundeu merasa sangat bahagia, dengan hadirnya petugas ngider sehat. Program ini digulirkan oleh Pemkot Tangsel yang mana ada di bawah Dinas Kesehatan, dan melalui puskesmas di masing-masing wilayah sampai tingkat RW.

Lurah Cirendeu Ciputat Timur, Win Fadlianta menyampaikan dirinya melihat masyarakat begitu antusias. Mengingat pelayanan kesehatan jauh lebih dekat dengan adanya petugas ngider sehat. Tanpa harus jauh-jauh, ke puskesmas atau RSUD. Masyarakat jika ada keluhan bisa memanggil petugas Ngider Sehat.

“Alhamdulillah berkat ngider sehat masyarakat Cireundeu bisa terkontrol terkait kesehatannya. Dan riwayat kesehatannya. Jadi kalau sakit ada rekam medisnya masing-masing di masyarakat Cireundeu,” ujar Win.

Setiap RW lanjut Win petugas, satu bidan dan perawat. Kombinasi ini sangat cocok, sehingga dapat tertangani semua. Bagi yang hamil tentunya harus ditangani oleh bidan. Sedangkan untuk yang mengeluh karena meriang, demam, kolesterol, asam urat, tensi dan penyakit ringan lainnya dapat ditangani oleh perawat dengan arahan dokter di puskesmas.

“Bina wilayah langsung dari puskesmas sehingga tetap terkontrol dan dipastikan atas pengawasan dokter. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan layanan ngider sehat,” tambah ia.

Program ngider sehat, merupakan terobosan pemerintah Tangsel dalam memberikan pelayanan kesehatan lebih dekat kepada masyarakat. Pemerintah menilai, langkah ini cukup tepat.

Mengingat, tidak semua orang memiliki kendaraan dan kesempatan hilir mudik pergi ke puskesmas dan RSUD.

“Lalu bagaimana dengan masyarakat yang tidak memiliki kendaraan, atau mereka yang sudah jompo tidak punya sanak saudara. Dan berbagai faktor lainnya. Inilah pemerintah memberikan solusi dengan mendatangi warga yang sakit,” sambungnya.

Lanjut Win, dengan program ngider sehat, angka masyarakat yang sakit dipastikan dapat ditekan. Kenapa? Karena terkontrol dan petugas kesehatan sangat dekat dengan pasien. Sehingga akan mudah terpantau asupan warga yang tengah ditangani. Mulai dari asupan makanan, jika ada yang di pantang harus dipatuhi supaya sakitnya lekas sembuh.

“Dengan ngider sehat, petugas kesehatan dengan pasien tidak ada jarak. Maka sangat besar kemungkinan, warga yang sakit jauh lebih cepat masa sembuhnya. Sebab pola makan dijaga, selalu dicek dan lain-lain. Dan layanan sangat cepat, begitu masyarakat menghubungi petugas ngider sehat, dalam jangka 60 menit bisa tiba di rumah,” tutup Win.(din)

Komentar:
Eka Hospital
Perkim
Bapenda
ePaper Edisi 20 Mei 2024
Berita Populer
03
05
Pesawat Latih Jatuh di BSD Memakan 3 Korban Jiwa

TangselCity | 16 jam yang lalu

10
Jelasin Kenapa Uang Kuliah Mahasiswa Mahal

Nasional | 1 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo