TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mesra Di Hadapan Jokowi

Prabowo-Ganjar Bisakah Berjodoh

Laporan: AY
Jumat, 10 Maret 2023 | 09:15 WIB
(Foto : Setpres)
(Foto : Setpres)

JAWA TENGAH - Presiden Jokowi mengajak dua kandidat capres potensial, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam panen raya, di Kebumen, Jawa Tengah, kemarin. Di hadapan Jokowi, Prabowo-Ganjar begitu mesra. Lalu, akankah Prabowo-Ganjar berjodoh di Pilpres 2024? Hanya Tuhan dan Jokowi yang bisa mengaturnya...

Panen raya ini dilaksanakan di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen. Di acara ini, sebenarnya Jokowi memboyong banyak pejabat. Selain Prabowo dan Ganjar, ada juga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Namun, dalam foto-foto yang dibagikan Jokowi di akun media sosialnya, yang lebih banyak ditampilkan saat dirinya ditemani Prabowo dan Ganjar.

Dalam foto-foto tersebut, terlihat Jokowi, Prabowo, dan Ganjar sangat happy, dengan senyum merekah menghiasi wajah masing-masing. Seperti saat ketiganya berjalan di pematang sawah, dan saat berdialog dengan petani yang sedang panen. Ada juga momen yang memperlihatkan Jokowi, Prabowo, dan Ganjar sedang berbincang serius.

Ada juga momen saat Jokowi, Prabowo, dan Ganjar berswafoto bersama petani. Jokowi yang memegang ponsel, lalu mengambil sisi terbaik berfoto. Jokowi tampak tertawa saat mengambil swafoto tersebut.

Dalam unggahan Ganjar, juga menampilkan momen swafoto itu. Kali ini, Ganjar yang mengambil gambar. Ganjar menjulurkan tangan kirinya sambil memegang ponsel. Sementara, Prabowo dan Jokowi berpose di antara petani.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno membaca, momen panen raya ini menunjukkan tiga hal. Pertama, Jokowi sangat senang dan nyaman dengan Prabowo dan Ganjar.

"Jadi wajah sumringah ini adalah replika dari suasana hati politik Jokowi yang sesungguhnya. Itu tidak bisa dibantah. Sehingga Jokowi rela mengumbar kemesraannya melalui foto selfie bersama Prabowo dan Ganjar," ulas Adi.

Kedua, Jokowi ingin menyampaikan ke publik bahwa Prabowo dan Ganjar adalah pilihan hatinya untuk maju pada Pilpres 2024.

Ketiga, pendukung Ganjar dan Prabowo, pasti akan mengaitkan dengan duet Pilpres 2024 yang akan datang. Apalagi beberapa waktu lalu santer terdengar kabar Prabowo dan Ganjar bisa disandingkan.

"Tentu tiga hal itu yang bisa menjelaskan tafsir politik selanjutnya. Ini jelas suasana politik hati Jokowi yang sesungguhnya. Jokowi sangat happy dengan Prabowo dan Ganjar. Bahwa di Pilpres 2024 dua orang ini sangat mungkin diusung oleh Jokowi untuk bisa berpasangan atau sendiri-sendiri," terang Adi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin juga memandang, momen kemesraan Prabowo dan Ganjar tak bisa dipisahkan dari Pilpres 2024. Terlebih, Prabowo dan Ganjar punya modal yang cukup kuat.

Prabowo punya pengalaman sebagai capres dua kali. Sementara Ganjar punya elektabilitas yang paling tinggi. Sehingga, terbuka kemungkinan keduanya berjodoh untuk melenggang pada Pilpres 2024.

Dalam update beberapa hasil survei, kata Ujang, Prabowo dan Ganjar paling kuat berkompetisi dengan sejumlah nama capres dan cawapres lainnya.

"Ini jadi kelebihan jika dipasangkan Prabowo capres dan Ganjar cawapresnya," ucap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menganggap, Jokowi nyaman dengan Prabowo dan Ganjar. Namun, Habiburokhman belum mau bicara kemungkinan Prabowo-Ganjar berduet di Pilpres 2024.

Kata dia, dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Bersatu, kewenangan untuk menentukan capres dan cawapres berada di tangan Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo