TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Cek Harga & Stok Bahan Pangan

Sidak Ke Pasar Serpong Dan Pasar Modern BSD

Oleh: Idral Mahdi
Jumat, 17 Maret 2023 | 07:26 WIB
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Tangsel melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ke Pasar Modern BSD, dan Pasar Serpong, pada Kamis (16/3). (Foto: Idral Mahdi)
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Tangsel melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ke Pasar Modern BSD, dan Pasar Serpong, pada Kamis (16/3). (Foto: Idral Mahdi)

SERPONG-Antisipasi kenaikan harga yang sangat tinggi serta stok bahan pokok jelang Ramadan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Tangsel melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Modern BSD dan Pasar Serpong pada Kamis (16/3).

Satu per satu para pedagang di pasar tersebut ditanyai oleh tim dari Disperindag Kota Tangsel, untuk melihat langsung stok serta harga-harga bahan pokok.

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Disperindag Kota Tangsel, Gazali menerangkan, ada 4 komoditi mengalami kenaikan jelang Ramadan 2023 kali ini. 

 "Kita antisipasi bulan Ramadan ini biasanya yang tinggi itu kebutuhan makanan ya daging sapi, daging ayam, telur, cabai, bawang seperti itu. Nah makanya oleh sebab itu yang pengaruhi kenaikan ya itu bahan pokok tersebut," ujarnya. 

Dia melanjutkan, kenaikan paling tinggi adalah komoditi cabai rawit merah, dari harga Rp 50 ribu, kini harganya menjadi Rp 90 ribu/kilo di Pasar Modern BSD dan Rp 80 ribu di Pasar Serpong. 

"Untuk cabai sendiri memang paling tinggi sekarang. Memang kalau cabai harganya fluktuatif seperti yang saya jelaskan tadi bahwa dipengaruhi daripada panen hasil panen permintaannya tinggi," ungkapnya. 

Bawang juga mengalami kenaikan, bawang merah menjadi Rp 42 ribu, dan bawang putih menjadi Rp 38 ribu. "Lalu untuk telur juga mengalami kenaikan yang tadinya normalnya Rp 28 ribu sekarang kisaran antara Rp 30-31 ribu seperti itu. Daging ayam naik ya dari biasanya harga normal itu Rp 35 ribu kita tadi mendapati harga Rp 40 ribu untuk ukuran 1 kilogram," ujarnya.

Gazali menjelaskan, untuk harga daging sapi sendiri masih aman dalam range 130 hingga 170 ribu per kilogramnya.  "Untuk harga beras penjual mengaku bahwa dalam minggu minggu ini sudah turun harganya, karena memang ada panen raya mereka ada panen di Karawang dan di Demak, untuk daerah Serang belum, Pandeglang belum panen," terangnya. 

Nantinya dari hasil sidak tersebut, Disperindag akan segera melakukan rapat koordinasi untuk menentukan kebijakan selanjutnya terhadap kenaikan harga tersebut. "Hasil sidak ini akan kami lanjutkan ke rapat pimpinan untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Terutama agar stok bahan pokok dan komuditi lainnya agar tetap aman," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo